dc.description.abstract | Kemajuan teknologi yang semakin meningkat menjadikan seseorang mudah untuk mendapatkan informasi namun bukan hanya itu, dapat diketahui bahwa minat baca begitu minim di negara Republik Indonesia. Dapat dilihat dari kondisi minat baca peserta didik yang kurang didunia pendidikan saat ini, Begitupun pada kegiatan pembelajaran yang terjadi di sekolah, seorang guru juga berupaya guna menumbuhkan minat baca Al-Qur’an di SMKN 4 Malang sehingga menggunakan Metode pengajaran dengan cara penyampaian bahan pengajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar dalam hal ini guru menggunakan metode (klasikal) atau baca simak, maupun pembiasaan lainnya yang dilakukan dilingkungan pendidikan. Pada proses belajar mengajar pastinya terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mencapai tujuan tersebut.
Setiap lembaga pendidikan tentu memiliki tujuan dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan guna memperoleh informasi mengenai, kondisi peserta didik dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an,Bagaimana upaya guru PAI dalam menumbuhkan minat peserta didik untuk mengikuti kajian baca tulis dan tulis Al-Qur’an, Apa faktor yang mempengaruhi minat baca Al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukandi SMKN 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kondisi minat Baca Al-Qur’an di SMKN 4 Malang saat ini dapat dikatakan kurang dalam minat belajar Al-Qur’an, hal ini karena tidak ada dorongan dari diri peserta didik sehingga ketika proses belajar materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat menghambat pelajaran dikarenakan seorang guru PAI membiasakan membaca Al-Qur’an di awal pembelajaran. Dalam menumbuhkan minat baca Al-Qur’an pada peserta didik cukup baik, dimana terlihat bahwa usaha yang sungguh-sungguh dari guru tersebut, serta mensuport peserta didik untuk semangat dalam mengikuti bimbingan baca tulis Al-Qur’an. Guru Pendidikan Agama Islam melakukan proses belajar membaca Al-Qur’an menggunakan metode klasikal (Baca Simak), metode yang digunakan merupakan fenomena yang ada di lapangan ketika proses belajar mengajar. Secara global faktor-faktor yang mempengaruhi menumbuhkan minat baca dapat dijadikan menjadi dua, yakni faktor internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal berdasarkan dari diri peserta didik sedangan faktor eksternal dari luar peserta didik.
Kata Kunci: Kondisi Minat Baca, Upaya Guru, Faktor. | en_US |