View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Inovasi Pembelajaran Al-Quran Hadis Sebagai Modal Menumbuhkan Karakter Da’i Ilallah ‘Ala Bashiroh di Madrasah Aliyah Darussa’adah Poncokusumo

Thumbnail
View/Open
INOVASI PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS SEBAGAI MODAL MENUMBUHKAN KARAKTER DA’I ILALLAH ‘ALA BASHIROH DI MADRASAH ALIYAH DARUSSA’ADAH.pdf (4.029Mb)
S2_PASCASARJANA_21902011048_KHAFID NUR ALIM.pdf (1.522Mb)
Date
2021-09-17
Author
Alim, Khafid Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Madrasah Aliyah Darussa’adah dihadapkan pada masalah tidak efektifnya pembelajaran Al-Quran Hadits bab dakwah yang berpengaruh pada jeleknya kemampuan dakwah siswa-siswanya sehingga mereka gagal dalam melaksanakan program tahunan pengabdian dan dakwah. Guna menanggulangi masalah tersebut MA Darussa’adah mengadakan inovasi pembelajaran Al-Quran Hadits bab dakwah sebagai modal penumbuhan karakter da’i ilallah ‘ala bashiroh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan jenis dan program inovasi pembelajaran Al-Quran Hadits, serta implementasi dan hasilnya dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer dan sekunder berasal dari manusia dan non manusia. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode interaktif yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Jenis dan program inovasi Al-Quran Hadits bab dakwah adalah: a) Inovasi materi dengan program penyusunan buku Manhaj Fiqhud Da’wah Wal Munasabat; b) Inovasi metode dengan program penerapan student centered learning menggunakan metode iqro, tarjim wa bayyin, ceramah plus diskusi dan inquiry; c) Inovasi media dengan program pemanfaatan teknologi seperti laptop, jaringan internet dan proyektor; d) Inovasi evaluasi dengan program ujian praktek dakwah. 2) Implementasi inovasi pembelajaran Al-Quran Hadits di MA Darussa’adah dilakukan melalui tahapan: a) Identifikasi masalah dan analisa kebutuhan; b) Penyusunan program inovasi; c) Implementasi inovasi; d) Evaluasi inovasi. Inovasi pembelajaran Al-Quran Hadits telah memenuhi kriteria prosedur yang sistematik, hasil belajar khusus, penetapan kriteria keberhasilan dan interaksi dengan lingkungan. Kepribadian guru sebagai teladan dan berwibawa ikut berperan dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Model pembelajaran inovatif yang diimplementasikan adalah SPPKB (Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir) dan Every One Is A Teacher Here. 3) Hasil yang didapat dari inovasi pembelajaran Al-Quran Hadits adalah tercapainya tujuan pembelajaran bab dakwah, tumbuhnya karakter da’i ilallah ‘ala bashiroh yang mencakup aspek ilmiyah, amaliyah, syakhsiyah dan mu’amalah serta adanya umpan balik positif dari masyarakat objek dakwah berupa penerimaan dakwah para siswa.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6173
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group