dc.description.abstract | Guru berperan penting terhadap keberhasilan siswanya dalam proses pembelajaran. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru SKI terhadap Motivasi belajar siswa di Sekolah MA Bilingual Batu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan medel miles, Huberman dan Saldina yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan diskusi sejawat.
Dalam penelitian ini, di mana dalam keadaan pandemik covid19 yang membuat pembelajaran semua di sekolah berbasis daring dan membuat guru-guru di setiap sekolah harus bisa menggunakan teknologi yang ada untuk bisa memberikan materi pembelajaran yang baik terhadap siswa-siswanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SKI memiliki inovasi sendiri dalam Menyusun rancangan pembelejaran dalam memotivasi siswanya untuk tidak bosan dan mau mengikuti pembelajaran SKI dengan baik selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga dapat menyelesaikan target KD sesuai yang telah ditetapkan oleh guru. dan juga guru SKI dapat mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran daring yang ada, melalui pengembangan diri dengan mengikuti DIKLAT dan mempelajari buku-buku yang ada untuk mengembangkan empat kompetensi guru yang harus di miliki oleh seorang guru.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar Siswa. | en_US |