dc.description.abstract | Guru merupakan orang yang berperan penting dalam perkembangan pendidikan siswa, karena peran guru sebagai pembimbing dan Pembina yang mengarahkan siswa untuk belajar, dalam belajar siswa harus memiliki motivasi belaja agar siswa terdorong atau tergerak untuk belajar. Oleh karena itu guru sangat berperan penting dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa. Upaya menumbuhkan motivasi belajar merupakan salah satu cara guna mengembangkan atau meningkatkan kemauan siswa untuk belajar.
Berdasarkan konteks penelitian maka penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Hasanudin Semarapura”. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VII dalam mata pelajaran al-qur’an hadits di Mts Hasanudin (2) untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa di Mts Hasanudin (3) untuk mendeskripsikan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di Mts Hasanudin.
Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun data sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yang gunakan ialah, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, dengan metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa antara lain: Upaya guru mata pelajaran alqur'an hadits dalam meningkatkan motivasi belajar siswanya yakni dengan membangkitkan minat belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan pemanfaatan berbagai macam metode pembelajaran dan alat serta media pendukung pembelajaran, pemberian pujian, penilaian dan reward atas segala keberhasilan siswa, serta menciptakan persaingan yang sehat dan kompetitif dalam pembelajaran. Peningkatan motivasi belajar siswa terjadi karena dengan upaya yang dilakukan oleh guru mendapat respon yang baik dan antusias dari siswa, maka motivasi belajar siswa meningkat. Faktor-faktor penghambat upaya meningkatkan motivasi belajar siswa ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yakni faktor yang berasal dari dalam siswa itu sendiri, seperti rasa malas, tidak adanya motivasi belajar dalam dirinya, kedua, faktor eksternal yakni faktor yang berasal dari luar seperti, lingkungan, sarana dan jaringan siswa yang tidak mendukung di rumah. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yakni fasilitas yang memadai seperti media, alat pembelajaran, dan jaringan bagi guru dan siswa di sekolah.
Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits | en_US |