Show simple item record

dc.contributor.authorAyunda, Lutvi Martha
dc.date.accessioned2023-01-09T03:38:44Z
dc.date.available2023-01-09T03:38:44Z
dc.date.issued2021-07-02
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6183
dc.description.abstractKedisiplinan belajar siswa di sekolah tidak akan lepas dari persoalan perilaku sikap negatif siswa. Sikap disiplin merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh siswa agar menjadi pribadi yang teratur, tertib dan taat. Adanya strategi yang maka siswa tidak akan mudah bosan saat pembelajaran berlangsung. Peran guru Akidah Akhlak penting dalam memahami karakter siswa serta merancang strategi untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Dengan itu, pembelajaran Akidah Akhlak sebagai penerapan kepengetahuan siswa dalam kedisiplinan belajar siswa membentuk kretaria siswa dalam sikap belajar siswa menjadi lebih baik sesuai dengan ajaran Islam. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas peniliti merumuskan beberapa masalah antara lain kondisi kedisiplinan belajar siswa di MTs Nahdlatul Ulama’ Ngantang, strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa serta hambatan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Nahdlatul Ulama’ Ngantang. Sedangakan tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan kondisi kedisiplinan belajar siswa, strategi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, Mengetahui hambatan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Nahdlatul Ulama’ Ngantang. Dalam penelitian ini peniliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tujuan peniliti ingin melakukann penelitian secara mendalam melalui prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peniliti dapat mengambil sebagai berikut: (1) kondisi disiplin belajar siswa yaitu minat belajar siswa berkurang, penerapan sanksi di kelas. (2) Strategi guru Akidah Akhlak menerapkan strategi pembelajaran kooperatif, afektif, ekspositori. Serta adanya sikap disiplin belajar siswa seperti: disiplin waktu, menegakkan aturan, sikap, dalam beribadah. (3) Hambatan guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa seperti: siswa membuat gaduh di kelas saat pelajaran, siswa sering keluar masuk kelas dengan alasan yang tidak masuk akal Kata Kunci: Strategi, Guru Akidah Akhlak, Kedisplinan Belajar Siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectGuru Akidah Akhlaken_US
dc.subjectKedisplinan Belajar Siswaen_US
dc.titleStrategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTs Nahdlatul Ulama’ Ngantangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record