Show simple item record

dc.contributor.authorCahyani, Ais Lima’atud Diana
dc.date.accessioned2023-01-09T03:38:53Z
dc.date.available2023-01-09T03:38:53Z
dc.date.issued2021-06-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6184
dc.description.abstractHakikatnya pendidikan sangat memiliki arti penting bagi kehidupan manusia, keberadaan suatu pendidikan juga sangat mempengaruhi perkembangan serta kelangsungan hidup bagi manusia. Oleh sebab itu pendidikan merupakan pengajaran dan pelatihan mengenai proses perilaku seseorang. Terutama guru pendidikan agama islam bukan hanya sekedar berkewajiban untuk mentransfer ata mengajarkan peserta didik mengenai aqidah dan syari’ah tetapi guru pendidikan agama islam dituntut untuk profesional dalam perilaku, sikap, dan selalu menjaga diri dalam hal yang tidak baik agar dapat mengubah sikap atau perilaku peserta didik sesuai dengan ajaran-ajaran islam yang telah ditentukan, Berdasarkan fokus dalam penelitian ini, maka peneliti mengungkapkan tentang: (1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (3) Metode guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (4) Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang terjun kelapangan untuk melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Guru pendidikan Agama Islam, Guru BK, dan siswa. Temuan penelitian ini merumuskan bahwa: (1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan, memiliki 4 peranan fokus, yaitu: A. Peran Guru PAI sebagai motivator. B. Peran Guru PAI sebagai keteladanan. C. Peran Guru PAI sebagai kebiasaan. D. Peran Guru PAI dalam memberikan hukuman. (2)Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan, yaitu: (1) Faktor pendudkung, (2)Faktor penghambat   Kata Kunci : Peran Guru, Akhlakul Karimahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectAkhlakul Karimahen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record