Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyani, Ais Lima’atud Diana
dc.date.accessioned 2023-01-09T03:38:53Z
dc.date.available 2023-01-09T03:38:53Z
dc.date.issued 2021-06-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6184
dc.description.abstract Hakikatnya pendidikan sangat memiliki arti penting bagi kehidupan manusia, keberadaan suatu pendidikan juga sangat mempengaruhi perkembangan serta kelangsungan hidup bagi manusia. Oleh sebab itu pendidikan merupakan pengajaran dan pelatihan mengenai proses perilaku seseorang. Terutama guru pendidikan agama islam bukan hanya sekedar berkewajiban untuk mentransfer ata mengajarkan peserta didik mengenai aqidah dan syari’ah tetapi guru pendidikan agama islam dituntut untuk profesional dalam perilaku, sikap, dan selalu menjaga diri dalam hal yang tidak baik agar dapat mengubah sikap atau perilaku peserta didik sesuai dengan ajaran-ajaran islam yang telah ditentukan, Berdasarkan fokus dalam penelitian ini, maka peneliti mengungkapkan tentang: (1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (3) Metode guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (4) Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang terjun kelapangan untuk melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Guru pendidikan Agama Islam, Guru BK, dan siswa. Temuan penelitian ini merumuskan bahwa: (1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan, memiliki 4 peranan fokus, yaitu: A. Peran Guru PAI sebagai motivator. B. Peran Guru PAI sebagai keteladanan. C. Peran Guru PAI sebagai kebiasaan. D. Peran Guru PAI dalam memberikan hukuman. (2)Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan, yaitu: (1) Faktor pendudkung, (2)Faktor penghambat   Kata Kunci : Peran Guru, Akhlakul Karimah en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Akhlakul Karimah en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account