Hubungan Antara Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Alma’arif 03 Singosari Kabupaten Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Rofi’, Khofidhotur
dc.date.accessioned 2023-01-10T02:51:35Z
dc.date.available 2023-01-10T02:51:35Z
dc.date.issued 2021-07-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6192
dc.description.abstract Terjadi sebuah wabah yang bernama covid-19 pada tahun 2019 sehingga berdampak pada berbagai bidang kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Melalui kebijakan pemerintah berusaha untuk mengatasi dan meminimalisir penyebaran wabah ini salah satunya yaitu didalam proses belajar dan pembelajaran diberlakukan pembelajaran daring. Berubahnya metode pembelajaran yang sebelumnya saling bertatap muka antara guru dengan siswa diganti dengan pembelajaran daring bisa juga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran daring, mendeskripsikan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab, dan mendeskrpsikan hubungan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas peneliti dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu 30 siswa kelas VIII. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan guna memperoleh kevalidtan instrumen yang digunakan untuk penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson dibantu dengan aplikasi SPSS dan Microft office 2019. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Moment Pearson hasil analisis antara variabel pembelajaran daring (X) terhadap hasil belajar siswa bahasa arab (Y). Koefisien korelasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar menunjukkan hasil signifikasi r_0 = -183 dan r_t = 2.467 (r_o < r_t) sehingga penelitian ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara dua variabel tersebut. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Hubungan Antara Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Alma’arif 03 Singosari Kabupaten Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account