Hubungan Antara Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Alma’arif 03 Singosari Kabupaten Malang
dc.contributor.author | Rofi’, Khofidhotur | |
dc.date.accessioned | 2023-01-10T02:51:35Z | |
dc.date.available | 2023-01-10T02:51:35Z | |
dc.date.issued | 2021-07-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6192 | |
dc.description.abstract | Terjadi sebuah wabah yang bernama covid-19 pada tahun 2019 sehingga berdampak pada berbagai bidang kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Melalui kebijakan pemerintah berusaha untuk mengatasi dan meminimalisir penyebaran wabah ini salah satunya yaitu didalam proses belajar dan pembelajaran diberlakukan pembelajaran daring. Berubahnya metode pembelajaran yang sebelumnya saling bertatap muka antara guru dengan siswa diganti dengan pembelajaran daring bisa juga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran daring, mendeskripsikan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab, dan mendeskrpsikan hubungan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas peneliti dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu 30 siswa kelas VIII. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan guna memperoleh kevalidtan instrumen yang digunakan untuk penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson dibantu dengan aplikasi SPSS dan Microft office 2019. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Moment Pearson hasil analisis antara variabel pembelajaran daring (X) terhadap hasil belajar siswa bahasa arab (Y). Koefisien korelasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar menunjukkan hasil signifikasi r_0 = -183 dan r_t = 2.467 (r_o < r_t) sehingga penelitian ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara dua variabel tersebut. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Daring | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Alma’arif 03 Singosari Kabupaten Malang | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT - Islamic Education
Koleksi Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam