Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Irsyad al-‘Ibad

Show simple item record

dc.contributor.author Mawaddih, Nailatul
dc.date.accessioned 2023-01-10T02:52:13Z
dc.date.available 2023-01-10T02:52:13Z
dc.date.issued 2021-07-10
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6196
dc.description.abstract Dewasa ini, krisis karakter merupakan masalah yang meluas dan telah menjadi topik utama dalam pendidikan di Indonesia yang disebabkan terkikisnya karakter generasi penerus bangsa. Ada banyak cara dan upaya yang dapat dilakukan agar pembentukan karakter mulia terwujud. Salah satu bentuk upaya penginternalisasian nilai-nilai karakter sebelum terbentuk dalam tingkah laku nyata adalah melalui membaca dan mempelajari buku. Buku merupakan salah satu sumber ilmu. Sebagai umat Rasulullah SAW yang beriman, membaca adalah langkah awal yang harus dilakukan dalam memperdalam ilmu dan menambah wawasan. Maka dari itu, penelitian ini mengkaji salah satu buku yang dapat dipelajari untuk menanamkan nilai karakter mulia yaitu kitab Irsyad al-‘Ibad. Latar belakang tersebut maka peneliti tertarik ingin mengetahui tentang konsep nilai-nilai pendidikan karakter kitab Irsyad al-'Ibad, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Irsyad al-'Ibad, dan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Irsyad al-'Ibad dengan nilai-nilai pendidikan karakter kemendikbud. Dan tujuan kajian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep nilai-nilai pendidikan karakter kitab Irsyad al-'Ibad, mendeskripsikan dan menganalisa nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Irsyad al-'Ibad serta mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Irsyad al-'Ibad dengan nilai-nilai pendidikan karakter kemendikbud. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penulis berusaha mengkaji konsep dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Irsyad al-‘Ibad. Teknik pengumpulan datanya adalah menggali dokumen berupa bahan-bahan pustaka yang berkaitan dengan obyek pengkajian yang dimaksud.. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini memakai analisis isi (content analysis) yaitu sebuah metode yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan karakter pada kitab Irsyad al-Ibad adalah nilai-nilai karakter seorang hamba yang berhubungan dengan Tuhan, meliputi keimanan, menuntut ilmu, bersuci, mengerjakan shalat, menghadapi kematian, kesesuaian dalam berpakaian, zakat, berpuasa, melaksanakan haji, membaca dan memahami fadhilah al-Qur’an, serta berdzikir dan berdoa, dan tidak melakukan riya’, taubat, takut, dan roja’ (harapan/optimis). Cakupan-cakupan tersebut juga memuat komponen pendidikan Islam sebagai dasar pembelajarannya yaitu aqidah dan syariat berupa ibadah. Sedangkan nilai-nilai karakter yang berkaitan dengan hubungan antar sesama makhluk yaitu mengenai membaca dan memahami fadhilah shalawat Nabi, memahami karakter-karakter buruk yang harus dihindari yaitu ujub, sombong, marah, ghibah, namimah, dusta, pemungutan liar, dzalim, tidak bertegur sapa, durhaka terhadap bapak ibu, memutus hubungan tali silaturrahmi, pembunuhan, perdukunan dan hal yang berkaitan, zina, minum khamr, sumpah palsu, dan saksi palsu hingga penggambaran mengenai karakter-karakter baik yang harus dilakukan oleh hamba Allah yaitu takziyah, ziarah kubur, kesesuaian dalam berpakaian, zakat, sedekah, kezuhudan, amar ma’ruf nahi munkar, berusaha, wasiat, nikah, jihad. Cakupan-cakupan tersebut juga memuat komponen pendidikan Islam sebagai dasar pembelajarannya yaitu syariat berupa muamalah dan akhlak. Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang sedang ditanamkan dalam diri seseorang ketika menjalankan cakupan-cakupan diatas dalam kehidupan nyata terkait nilai-nilai karakter seorang hamba yang berhubungan dengan Tuhan yaitu religius, tanggungjawab, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, cinta lingkungan, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, mandiri, jujur, dan gemar membaca. Sedangkan cakupan yang berkaitan dengan hubungan antar sesama makhluk yaitu religius, tanggungjawab, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, cinta lingkungan, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, mandiri, jujur, gemar membaca, toleransi, demokratis, menghargai prestasi, kreatif, semangat kebangsaan/ nasionalisme, dan cinta tanah air. Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Nilai, Kitab Irsyad al-‘Ibad en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.subject Nilai en_US
dc.subject Kitab Irsyad al-‘Ibad en_US
dc.title Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Irsyad al-‘Ibad en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account