Show simple item record

dc.contributor.authorIstikhomah, Cholis Dinina
dc.date.accessioned2023-01-11T02:42:55Z
dc.date.available2023-01-11T02:42:55Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6209
dc.description.abstractGuru adalah orang yang sangat profesional, memahami akhlak peserta didik, serta mampu memberikan motivasi, sehingga pesera didik dapat berkembang dengan potensi yang baik Penelitian ini mendeskripsikan mengenai peran guru pendidikan agama islam dalam membina akhlakul karimah siswa di era digital di smpit as-salam malang dan data tentang peran yang ditempuh oleh guru pendidikan agama islam dalam membina akhlakul karimah siswa di era digital. Terlebih lagi peran yang dijalani oleh seorang guru pendidikan agama Islam, dia tidak hanya dituntut memberikan ilmu pengetahuan terhadap peserta didiknya akan tetapi dia harus mampu membentuk pribadi anak didik sesuai dengan tuntunan dan ajaran islam. Tidak hanya membentuk akhlak baik peserta didiknya, namun juga membinanya agar menjadi akhlak yang mulia. Dan dapat kita fahami mempelajari tentang akhlak itu sangat penting bagi para penuntut ilmu, dengan demikian itu seorang penuntut ilmu akan akan mengetahui mana akhlak yang baik dan mana yang buruk itu. Dan dilihat dari perjuangan guru juga dengan dihadapkan permasalahan di era digital sekarang sangat membawa dampak positif dan negatifnya bagi bangsa Indonesia pada umumnya. Sebagai penerus bangsa pendidik diharapkan untuk menjadi yang terbaik dalam Pendidikan dan pembinaan akhlak siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembiasaan guru Pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa, untuk mendeskripsikan hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlakul karimah siswa diera digital dan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yaitu dengan pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis menggunakan teknik instrumen penelitian, metode wawancara yang merupakan metode dengan cara tanya jawab, observasi, dan dokumentasi. Dan berdasarkan Hasil temuan peneliti menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama islam dalam membina akhlakul karimah sisiwa di era digital di smpit as-salam malang mempunyai kaitan yang sangat erat karena adanya pembinaan akhlak dan memberikan contoh suri tauladan yang baik kepada siswa. sekolah ini menerapkan dengan mengumpulkan poin ketika siswa ada yang melanggar peraturan atau berperilaku yang senonoh. Karena SMPIT adalah sekolah islam bahwasannya guru lebih condong menanamkan akhlak yang baik dan memberikan contoh yang baik juga. Faktor-faktor pendukung dalam pembinaan akhlakul karimah siswa, karena selalu dapat dorongan dari guru Pendidikan agama islam, maupun dengan guru-guru yang lain. Sehingga pencapaian dalam membina akhlak siswa itu menonjol lebih baik. Walaupun belum semuanya siswa dapat melakukan sebaik mungkin. Yang dapat diperhatikan dalam pembinaan akhlak siswa ini dapat dikembangkan terus menerus maupun itu di dalam sekolah maupun diluar sekolah, karena mempunyai akhlak yang baik itu sangat penting sekali. Orang yang tidak mempunyai akhlak ibarat orang yang tidak punya ilmu. Lebih pentingnya juga guru harus lebih sering berinteraksi dengan siswa untuk mengembangkan akhlak yang baik. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah, Era Digitalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeran Guru Pendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectAkhlakul Karimahen_US
dc.subjectEra Digitalen_US
dc.titlePeran Guru PAI dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di Era Digital di SMPIT As-Salam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record