Show simple item record

dc.contributor.authorMashluhah, Silmah Imroatul
dc.date.accessioned2023-01-11T05:59:13Z
dc.date.available2023-01-11T05:59:13Z
dc.date.issued2022-07-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6223
dc.description.abstractIlmu dan pengetahuan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dan sangat berpengaruh terhadap kualitas kehidupan individunya. Dalam berlangsungnya kegiatan belajar dan mengajar tentunya sangat dibutuhkan pula akan keberadaan materi pembelajaran, metode belajar dan startegi belajar. Maka dengan ini penulis memilih tafsir Al-Misbah sebagai bahan kajian dengan pertimbangan bahwa tafsir Al-Misbah merupakan salah satu tafsir Al-Qur’an karya ulama’ asal Indonesia beliau adalah M. Quraisy Shihab. Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diambil yakni tentang materi belajar yang terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5, serta metode dan strategi pembelajaran yang dapat ditari dari tafsir surat Al-‘Alaq ayat 1-5. Adapun tujuan dari kajian tersebut diantaranya adalah untuk mendeskripsikan materi pembelajaran yang terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5 serta untuk mendeskripsikan metode dan startegi pembelajaran yang terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5. Kemudian metode kajian yang dignakan dalam Penelitian yang membahas konsep belajar dalam surat Al-‘Alaq ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research), yang mana data primer yang digunakan dalam kajian ini adalah Tafsir Al-Misbah karya M. Quraisy Shihab.s Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan maka dapat diketahui bahwa materi pembelajaran yang disampaikan dalam surat Al-‘Alaq adalah materi ketauhidan, hal ini dapat diketahui dengan adanya perintah membaca yang disertai dengan perintah untuk menyebut asma Allah. Metode pembelajaran yang dapat disimpulkan dari kajian tafsir surat Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah metode pengulangan. Analisis ini dapat dibuktukan dengan adanya perintah membaca yang disebutkan sebanyak dua kali, yakni pada ayat pertama dan ayat ketiga. Dalam kegiatan belajar mengajar strategi yang dapat kita aplikasikan sesuai dengan perintah dalam surat Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah strategi inquiri. Adapun dalah satu cara yang dapat ditempuh untuk seorang pelajar dalam mengoptimalkan strategi inquiri adalah dengan membaca. Perintah membaca dalam surat al-‘Alaq disebutkan pada ayat pertama dan ketiga. Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu materi pembelajaran yang terdapat pada surat Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah materi tauhid, sedangkan untuk metode yang dapat diaplikasikan adalah metode pengulangan dan strategi yang sesuai dengan surat Al-‘Alaq adalah startegi inkuiri.   Kata Kunci: Belajar, Al-‘Alaq, Materi, Metode, Startegien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectBelajaren_US
dc.subjectAl-‘Alaqen_US
dc.subjectMaterien_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectStartegien_US
dc.titleKonsep Belajar dalam Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 (Telaah Tafsir Al-Misbah)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record