Show simple item record

dc.contributor.authorFaradila, Aulia
dc.date.accessioned2023-01-11T06:01:31Z
dc.date.available2023-01-11T06:01:31Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6224
dc.description.abstractProses pelaksanaan dan implementasi pembelajaran saat ini masih dirasa belum dapat memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini ditandai dengan kualitas pendidikan di tanah air yang belum dapat bersaing pada taraf internasional. Sampai saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode tradisional seperti ceramah dalam kegiatan belajar mengajar, banyaknya murid yang merasa malu jika bertanya kepada guru yang mana lebih nyaman bertanya kepada teman sebayanya. Dari konteks penelitian di atas maka peneliti memfokuskan penelitian, yakni tentang perencanaan metode Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie, penerapan metode Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie dan evaluasi penerapan metode Tutor Sebaya dalam proses pembelaaran Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi siswi di SMA Al-Rifa’ie. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang rencana, penerapan dan evaluasi metode Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya adalah studi kasus dengan menggunakan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi partisipan, metode wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan didalam penelitian ini yakni model interaksi. Pengecekan keabsahan data pada peneliti ini harus memulai beberapa tekhnik pengujian data. Dalam penelitian ini menggunakan teknik: Perpanjang pengamatan, peningkatn ketekunan, diskusi dengan teman sejawat sebagai koreksi data, triangulasi. Hasil kesimpulan penelitian ini antara lain: (1) Adanya perencanaan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie disiapkan dengan matang (2) Penerapan metode Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Rifa’ie sudah berjalan dengan maksimal (3) Evaluasi penerapan metode Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran PAI terhadap motivasi siswi di SMA Al-Rifa’ie sudah bagus. Kata Kunci : Tutor Sebaya, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Meningkatkan Motivasi Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectTutor Sebayaen_US
dc.subjectPembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMeningkatkan Motivasi Belajaren_US
dc.titleImplementasi Metode Tutor Sebaya dalam Proses Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Siswi SMA Al-Rifa’ieen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record