Show simple item record

dc.contributor.authorNurrahmi
dc.date.accessioned2023-01-11T06:21:11Z
dc.date.available2023-01-11T06:21:11Z
dc.date.issued2022-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6233
dc.description.abstractPendidikan karakter sangat penting untuk diterapkan dalam diri para pelajar sedini mungkin dan secara berkelanjutan. Pendidikan karakter harus diterapkan pada semua jenjang pendidikan, namun yang sangat lenih besar menerapkan pendidikan karakter diberikan kepada jenjang sekolah dasar dibandingkan dengan pendidikan lainnya. Hal itu karena siswa sekolah dasar masa pertumbuhanya perlu dikasih tau nilai-nilai karakter yang baik. Apalagi pada saat pandemi peserta didik belajar melalui pembelajaran daring dan ini akan sangat sulit untuk menerapkan nilai-nilai karakter, tapi guru dan orang tua sangat berperan penting dalam hal ini. Dengan demikian penelitian ini mencoba menemukan bagaimana implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran hibrid. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dimana dalam penelitian ini sifatnya menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskrptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran hibrid peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang 2) Mendeskripsikan dampak pendidikan karakter pada pembelajaran hibrid peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang 3) Mendeskripsikan kendala pendidikan karakter pada pembelajaran hibrid peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran hibrid peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang sudah lumayan baik seperti sikap religius melakukan sholat dhuha berjamaah, menyampaikan ceramah untuk anak-anak, do’a bersama saat di dalam kelas maupun saat kegiatan luar kelas saat pembelajaran di mulai dan sholat dhuhur berjamaah adalah pembiasaan yang dikembangkan setiap hari di MI Khadijah Malang. Sikap jujur dan tanggung jawab juga seperti dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan melakukan piket kelas. Sikap disiplin dan mandiri seperti yang dilkukan dengan masuk kela stepat waktu dan selalu melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain dalam hal saat pembelajaran, 2) Dampak pendidikan karakter pada pembelajaran hibrid peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang yaitu peserta didik lebih sopan dan berdisiplin terhadap siapapun terutama dengan orang yang lebih tua, lebih taat dalam beribadah, peserta didik selalu berperilaku ke dalam hal yang positif. 3) Kendala pendidikan karakter pada pembelajaran hibrid peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang dalam faktor penghambat adalah dari siswa itu sendiri dan orang tua siswa. Sedangkan faktor pendukung adalah sarana dan prasarana yang mendukung, kesadaran siswa untuk berunah menjadi lebih baik dan upaya guru dalam mesehati dan memberikan tauladan yang baik bagi peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Hibriden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectPembelajaran Hibriden_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Hibrid Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record