Show simple item record

dc.contributor.authorIlmi, Izza Nuriyah
dc.date.accessioned2023-01-12T02:02:29Z
dc.date.available2023-01-12T02:02:29Z
dc.date.issued2022-06-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6236
dc.description.abstractPerpustakaan merupakan salah satu pusat sumber belajar yang menyediakan berbagai sumber informasi. Semakin meningkatnya ilmu pengetahuan di era sekarang tentu akan semakin luas ruang lingkup sebuah pengetahuan, maka dipastikan proses pembelajaran tidaklah cukup diperoleh didalam ruang kelas saja akan tetapi dibutuhkannya sebuah literasi dan tempat yang mana mempunyai segudang ilmu pengetahuan. Berdasarkan konteks penelitian di atas peneliti merumuskan beberapa masalah antara lain kondisi perpustakaan MINU Sumberpasir Pakis Malang. Optimalisasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di MINU Sumberpasir Pakis Malang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kondisi perpustakaan MINU Sumberpasir Pakis Malang. Mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di MINU Sumberpasir Pakis Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian study kasus, Penelitian kualitatif ialah penelitian dengan maksud peneliti ingin melakukan penelitian secara mendalam melalui prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, maka peneliti dapat menemukan temuan penelitian sebagai berikut: (1) kondisi perpustakaan MINU Sumberpasir Pakis Malang sudah memenuhi kelayakan perpustakaan dengan perlengkapan yang ada seperti fasilitas penunjang, dari segi pelayanan cukup baik sehingga memberi rasa nyaman bagi pengunjung perpustakaan. Dilengkapi dengan banyaknya koleksi buku diperoleg dari beberapa sumber salah satunya biaya oprasional sekolah, dan dari siswa kelas enam yang akan lulus. (2) optimalisasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di MINU Sumberpasir Pakis Malang yaitu minat baca siswa di MINU Sumberpasir Pakis Malang sudah cukup bagus, terlihat daro cukup banyaknya siswa yang mengunjungi perpustakaan. Strategi yang digunakan untuk menarik siswa untuk mengoptimalkan kembali perpustakan yakni dengan menghias serta menambah koleksi buku baru, mengadakan pojok baca dan pemberian tugas kepada siswa. Untuk pemanfaatan perpustakaan oleh guru sebagai sumber belajar yakni dengan sesekali mengajak siswa untuk belajar diperpustakaan, memberi tugas kepada siswa untuk mencari referensi yang ada di perpustakaan dari berbagai sumber bacaan. Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Minat Bacaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectPerpustakaan Sekolahen_US
dc.subjectMinat Bacaen_US
dc.titleOptimalisasi Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca siswa di MINU Sumberpasir Pakis Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record