Show simple item record

dc.contributor.authorMajida, Irza
dc.date.accessioned2023-01-12T02:02:35Z
dc.date.available2023-01-12T02:02:35Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6237
dc.description.abstractSejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020, semua kegiatan atau aktivitas yang melibatkan pertemuan dengan banyak orang tidak diperbolehkan terlebih dahulu. Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020 yang menetapkan bahwa aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (work from home). Dalam pendidikan di Indonesia, kondisi ini merupakan hal yang tak terduga bagi guru, orang tua, dan anak. Berdasarkan observasi awal, bahwasanya peran orang tua untuk memotivasi anaknya agar lebih giat dalam belajar selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiah Bustanul Ulum yaitu para orang tua hanya memantau kegiatan belajar anak di rumah. Sedangkan peran orang tua sangat besar dalam pendidikan, karena selama belajar dari rumah anak lebih banyak berinteraksi dengan keluarga. Adapun peran orang tua yaitu memastikan kondisi kesehatan anak, menyediakan fasilitas yang dibutuhkan saat belajar, memberikan suasana nyaman dalam belajar, menjadi teladan bagi anak, memberikan pendampingan saat belajar, dan berkoordinasi dengan guru. Ada banyak sekali peran penting orang tua saat pembelajaran daring, dari data awal yang peneliti peroleh masih banyak sekali dari beberapa peran orang tua selama memotivasi anak dalam pembelajaran daring yang belum diterapkan oleh para orang tua di Madrasah Ibtidaiah Bustanul Ulum Kota Batu. Oleh karena itu peneliti meneliti tentang bagaimana dan apa saja peran orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar, agar proses belajar mengajar tetap berjalan dengan lancar agar perkembangan anak tetap optimal meskipun kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana cara orang tua dalam memotivasi belajar anak selama pandemi covid-19 dan apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat orang tua dalam memotivasi belajar anak selama pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara orang tua memotivasi anak dalam belajar selama pandemi Covid-19 serta faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam memotivasi belajar anak selama pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiah Bustanul Ulum Kota Batu. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkip, buku, surat kabar, makalah, laporan-laporan, gambar atau foto dan sebagainya. Dalam penelitian ini, cara orang tua dan guru dalam memotivasi belajar anak selama pandemi covid-19 yaitu dengan memberikan dorongan dan pendampingan anak agar tetap rajin belajar, membagi waktu belajar dan bermain anak, memberikan perlakuan tegas kepada anak, mengingatkan dan membantu untuk mengerjakan tugas, memberikan hadiah kepada anak, menjaga kesehatan dan nutrisi anak tercukupi dan memantau kegiatan siswa di rumah melalui orang tua via WhatsApp Group. Faktor pendukung orang tua dan guru dalam memotivasi belajar anak selama pandemi covid-19 yaitu adanya fasilitas yang memadai, hubungan antara orang tua dan anak menjadi lebih dekat, orang tua paham akan penggunaan gadget atau handphone, memanfaatkan media sosial WhatsApp untuk kegiatan belajar mengajar dan menggunakan video pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya yaitu anak susah diatur, pengumpulan tugas tidak tepat waktu, dan pembelajaran tidak bisa disampaikan secara maksimal oleh guru. Dengan hasil penelitian di atas peneliti menyarankan orang tua untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap belajar anak. Sebagai guru diharapkan untuk tetap memantau perkembangan siswa, memberikan materi pelajaran dengan penjelasan yang mudah dipahami siswa, dan guru hendaknya bekerja sama dengan orang tua untuk memberikan semangat agar prestasi belajar siswa dapat dipertahankan. Sebagai siswa diharapkan dapat memotivasi dirinya sendiri untuk semangat belajar selama pandemi covid-19. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menganalisis lebih dalam tentang variabel dalam penelitian ini, serta dapat menjadikan penelitian ini sebagai relevansi dan referensi penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectPeran Orang Tuaen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.titlePeran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record