Show simple item record

dc.contributor.authorMudawwamah, Mahmudah Robiatul
dc.date.accessioned2023-01-12T02:05:08Z
dc.date.available2023-01-12T02:05:08Z
dc.date.issued2022-07-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6243
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran akan berjalan dengan efektif dan efisien, jika semua komponen sistem pembelajaran dipilih dan dirancang dengan baik. Guru memiliki peran penting terhadap keberhasilan pembelajaran, maka dari itu guru harus memberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswanya, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Di dalam proses belajar mengajar, buku ajar merupakan suatu bahan atau alat yang dapat dijadikan acuan guru selama mengajar, penggunaan buku ajar juga dapat digunakan siswa sebagai pedoman selama belajar. Dengan adanya penggunaan buku ajar kegiatan pembelajaran di kelas akan lebih terarah. Berdasarkan pengamatan awal, peneliti menganalisis tentang penggunaan buku ajar yang digunakan guru selama mengajar. Buku ajar yang digunakan hanya satu yaitu jenis buku modul dan didalamnya terdapat materi bahan pelajaran yang ringkas, serta ada soal-soal evaluasi, dari latar belakang penelitian yang ada, maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang penggunaan buku ajar di kelas, dan motivasi belajar siswa selama guru menggunakan buku ajar tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan buku ajar di kelas IV, motivasi belajar siswa kelas IV, dan pengaruh penggunaan buku ajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV MI Roudlotun Nasyiin. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan dan penyebaran angket kuesioner kepada siswa kelas IV sebagai sampel penelitian. Serta metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, buku, surat, foto-foto. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 21. Berdasarkann hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan buku ajar dengan motivasi belajar. Hasil yang diperoleh dari analisis anova diperoleh nilai sig lebih besar 0,829 > 0,05, dan fhitung 0,047 < ftabel 2,463, maka dapat dikatakan hasil dari uji model regresi yang telah dilakukan, bahwa variabel buku ajar tidak ada pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Dengan nilai sig yang didapat lebih besar, maka tidak ada pengaruh, dan nilai koefisien determinasi hubungan R sebesar 0,035, sedangkan R square diperoleh nilai sebesar 0,001. Angka tersebut menujukkan bahwa variabel bebas tidak ada pengaruh. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana penggunaan dan pemilihan buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, selama dilakukannya kegiatan pembelajaran di MI Roudlotun Nasyiin yang sudah ada, serta untuk kedepannya dapat meningkatkan mutu kualitas dalam proses belajar mengajar sebagai upaya peningkatan motivasi belajar yang lebih baik dengan begitu diperoleh hasil yang memuaskan. Kata Kunci : Buku Ajar, Sumber Belajar, Motivasi Belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectBuku Ajaren_US
dc.subjectSumber Belajaren_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Buku Ajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyi’in Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record