Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Ihyaul Islam Probolinggo

Show simple item record

dc.contributor.author Sholihah, Khofifatus
dc.date.accessioned 2023-01-12T02:05:41Z
dc.date.available 2023-01-12T02:05:41Z
dc.date.issued 2022-07-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6244
dc.description.abstract Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Ihyaul Islam Probolinggo”. Penelitian ini menggunakan rumusan masalah yaitu apakah ada pengaruh pendidikan karakter terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak ?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu variabel (x) pendidikan karakter dan variabel (y) hasil belajar. Pendidikan karakter adalah sebuah metode dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan pada diri siswa sehingga dapat membentuk karakter baik yang melekat pada diri siswa. Penelitian ini memilih pendidikan karakter religius yaitu pendidikan karakter yang mengajarkan nilai-nilai agama meliputi perintah untuk beribadah, mematuhi perintah agama, menjauhi larangan-larangan agama, hidup rukun dengan sesama umat beragama, dan menghargai setiap perbedaan. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur melalui pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini memilih hasil belajar yang dapat diamati melalui pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian ilmiah yang bersifat sistematis, terencana, dan terstuktur yang mempunyai prinsip pemikiran terhadap hipotesis penelitian untuk dikembangkan berdasarkan model penelitian dan teori penelitian yang berkaitan dengan fenomena tempat penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei yaitu jenis penelitian untuk mencari informasi mengenai masalah penelitian dengan menggunakan instrumen penelitian dan menggunakan sampel untuk menghasilkan data penelitian. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel sebagai subjek penelitian, untuk populasi yang diambil adalah seluruh siswa-siswi di MI Ihyaul Islam Probolinggo. Untuk sampel yang diambil adalah siswa-siswi kelas 5 dan kelas 6 di MI Ihyaul Islam Probolinggo. Jumlah populasi sebanyak 230 siswa dan untuk sampel sebanyak 60 siswa. Pada penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yaitu sejumlah pernyataan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui. Pada instrumen kuesioner terdapat 2 data yaitu data variabel (x) pendidikan karakter dan data variabel (y) hasil belajar. Pada instrumen kuesioner memuat 41 soal pernyataan yaitu 25 soal pernyataan untuk variabel (x) pendidikan karakter dan 16 soal pernyataan untuk variabel (y) hasil belajar. Peneliti membuat soal pernyataan variabel (x) pendidikan karakter yang terdiri dari 5 indikator yaitu : mengucapkan salam, berdoa sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan, merayakan hari-hari besar keagamaan, memiliki fasilitas yang digunakan untuk beribadah, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Peneliti membuat soal pernyataan variabel (y) hasil belajar yang terdiri dari 3 indikator yaitu : kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada instrumen kuesioner yang terdiri dari 41 soal pernyataan terdapat 3 jenis jawaban yang digunakan untuk menentukan hasil penelitian yaitu : (TS) tidak selalu, (S) selalu, dan (J) jarang. Dari 3 jenis jawaban ini memperoleh hasil presentase yaitu 5 % menjawab (TS), 5 % menjawab (J), dan 90 % menjawab (S). Jadi dari hasil presentase ini dapat disimpulkan yaitu siswa-siswi kelas 5 dan kelas 6 yang berjumlah 60 siswa di MI Ihyaul Islam 90% menjawab (S) selalu. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji realibilitas. Uji validitas adalah suatu cara dalam menentukan kebenaran untuk mengukur instrumen penelitian agar sesuai dengan fungsi ukurnya. Uji realibilitas adalah keteapatan hasil yang diperoleh dari suatu pengukuran. Dari hasil uji validitas menyatakan bahwa semua data valid dan hasil uji realibilitas menyatakan bahwa jumlah R hitung > R tabel sehingga dinyatakan reliabel. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji prasyarat yang terdiri dari uji homogenitas, uji normalitas, dan uji linieritas. Uji homogenitas adalah teknik analisis data statistic parametrik yang bertujuan untuk menentukan tingkat homogenitas antara sampel dengan populasi penelitian. Uji normalitas adalah teknik analisis data statistic parametrik yang bertujuan untuk menentukan tingkat distribusi normalitas antara variabel independen dengan variabel dependen. Uji linieritas adalah teknik analisis data statistic parametrik yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara 2 variabel penelitian. Dari hasil uji homogenitas, uji normalitas, dan uji linieritas menyatakan bahwa nilai signifikansi > 0,05 sehingga hasil ini membuktikan ada pengaruh antara variabel (x) pendidikan karakter terhadap variabel (y) hasil belajar. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana). Analisis regresi linier sederhana berfungsi untuk menentukan hubungan sebab akibat antara variabel (x) yaitu pendidikan karakter dengan variabel (y) yaitu hasil belajar. Dari hasil analisis regresi linier sederhana menyatakan bahwa nilai T hitung > T tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (x) pendidikan karakter berpengaruh terhadap variabel (y) hasil belajar. Jadi berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana membuktikan bahwa “Ada Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Ihyaul Islam Probolinggo”. Kata kunci : Fasilitas, Fenomena, Sistematis, Presentase, Terstruktur en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Fasilitas en_US
dc.subject Fenomena en_US
dc.subject Sistematis en_US
dc.subject Presentase en_US
dc.subject Terstruktur en_US
dc.title Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Ihyaul Islam Probolinggo en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account