dc.description.abstract | Indonesia pada saat ini memasuki tahap perkembangan, salah satu satunya yaitu pada bidang pendidikan. Selain itu juga perkembangan teknologi pun sangat pesat dialami oleh negara saat ini. Oleh karena itu dalam bidang pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan teknologi dalam pembelajarannya. Guru dituntut untuk bisa menentukan alat ataupun media yang digunakan saat proses pembelajaran agar berjalan dengan efektif. Salah satu media pembelajaran yang sudah umum digunakan yaitu media pembelajaran powerpoint.
Powerpoint merupakan suatu aplikasi yang terdapat dalam Microsoft Office yang di ada di PC. Aplikasi powerpoint ini memiliki berbagai macam fitur-fitur ataupun terdapat animasi-animasi yang lengkap sehingga mendukungnya sebagai media pembelajaran. Guru dapat menggunakan media tersebut sebagai media pembelajaran dengan mudah memberikan pemahaman kepada peserta didik ataupun membuat peserta didik menjadi lebih aktif dengan memberikan pengalaman yang baru. Maka dari itu pentingnya kreatifitas dalam pengembangan media pembelajaran interaktif saat pembelajaran, salah satunya yaitu media powerpoint interaktif.
Adapun tujuan dari penelitian ini yakni 1) Mengembangkan produk media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA siswa kelas IV; 2) Mendeskripsikan efektivitas dan efisiensi media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA siswa kelas IV dan 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA siswa kelas IV.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE menurut Lee & Owens. Dalam tahap pengembangan ini melalui uji coba produk yaitu ahli desain dan ahli materi. Subjek Coba yang digunakan yaitu ahli desain, ahli materi, guru dan siswa kelas IV MI Imam Bonjol Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data yang berisi analisis data kevalidan dan analisis data angket respon siswa.
Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif layak digunakan dalam pembelajaran. Dalam hasil uji coba dari ahli desain dan ahli materi menyatakan bahwa layaknya media untuk diujicobakan kepada peserta didik. Uji coba peserta didik pada siswa kelas IV MI Imam Bonjol menyatakan bahwa media ini sangat layak digunakan dengan terlihatnya saat menggunakan media peserta didik sangat antusias dan mudah paham dengan materi yang diajarkannya.
Kata Kunci: Media Interaktif, Media Powerpoint, Pembelajaran IPA, Pendekatan Saintifik
| en_US |