Implementasi Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuni, Ira
dc.date.accessioned 2023-01-12T03:19:48Z
dc.date.available 2023-01-12T03:19:48Z
dc.date.issued 2022-07-12
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6249
dc.description.abstract Dalam dunia pendidikan bukan hanya mendidik siswa untuk mengetahui materi atau ilmu, namun juga dididik supaya terbentuk karakter yang baik dalam diri siswa. Karakter merupakan tabiat, akhlak atau budi pekerti, watak. Ada beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang harus ditanamkan dan dikembangkan dalam diri siswa, salah satunya nilai pendidikan karakter mandiri. Dengan pendidikan karakter mandiri, siswa dapat melakukan sesuatu tanpa bergantung pada bantuan orang lain, khususnya pada pekerjaan yang dilakukan dalam lingkungan sekolah baik saat kegiatan pembelajaran maupun diluar kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa perencanaan dan pelaksanaan dalam pembentukan karakter mandiri melalui pembelajaran tematik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter mandiri. Dengan upaya mengaitkan pembelajaran tematik dalam pembentukan karakter, pembelajaran tematik dapat menjadi jembatan bagi guru dalam pembentukan karakter mandiri siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang mana mengacu pada fenomena tertentu. Fenomena disini yaitu implementasi pembentukan karakter mandiri melalui pembelajaran tematik pada kelas rendah MI Imam Bonjol. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui informan atau narasumber seperti kepala Madrasah, guru kelas II dan siswa kelas II MI Imam Bonjol. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumentasi baik dokumentasi pribadi maupun dokumentasi resmi. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan 3 teknik, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendidikan karakter mandiri dapat diimplementasikan melalui kegiatan pembelajaran di kelas, dengan begitu karakter mandiri dapat langsung diajarkan dan diterapkan sehingga siswa dapat terbiasa dan belajar mandiri melakukan dan menyelesaikan tugas maupun pekerjaannya tanpa membutuhkan bantuan orang lain, baik bantuan dari guru maupun bantuan dari teman. Adapun salah satu upaya membentuk karakter mandiri dapat dilakukan oleh guru melalui proses pembelajaran khususnya pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik terdapat banyak kegiatan yang membentuk karakter mandiri siswa, karena salah satu karakteristik dari pembelajaran tematik yaitu berpusat pada siswa sehingga siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran.   Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Mandiri, Pembelajaran Tematik en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Pembentukan Karakter en_US
dc.subject Mandiri en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.title Implementasi Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account