Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Seni Dalam Pembuatan Gambar Cerita Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Duwet Kecamatan Tumpang

Show simple item record

dc.contributor.author Shintia, Alya Ayunda
dc.date.accessioned 2023-01-12T03:55:03Z
dc.date.available 2023-01-12T03:55:03Z
dc.date.issued 2022-07-11
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6258
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan hasil pada pembelajaran bahasa Indonesia berbasis seni dalam pembuatan gambar cerita siswa kelas V. Dengan upaya mengaitkan seni dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Seni sebagai jembatan dalam bidang mata pelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus yang mengacu pada fenomena suatu kelompok atau organisasi tertentu dengan pernyataan dari Mulyana. Sumber data yang ada dua jenis yaitu sumber data primer yang dihasilkan melalui informan atau narasumber seperti guru kelas V, siswa kelas V, dan kepala sekolah, sedangkan sumber data sekunder berdasarkan dokumentasi berupa foto, arsip-arsip sekolah, silabus, dan RPP. Dalam melakukan pengumpulan data melalui tiga teknik yaitu observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia berbasis seni yang berhubungan dengan suatu kegiatan siswa dalam membuat gambar cerita. Kegiatan seni yang menjadi tujuan utama dalam penyampaian pembelajaran bahasa Indonesia. Pengaitan seni dalam kegiatan belajar mengajar yang disusun dalam suatu perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia. Beradaptasi dari kegiatan menggambar, drama, dan teknologi dapat termasuk dalam komponen seni. Suatu kegiatan seni yang mengajak siswa untuk berpikir kreatif disamping berpikir kritis dalam menanggapi situasi dan kondisi yang terdapat di lingkungan melalui pengalaman belajar yang telah diperoleh. Hasil karya yang merupakan suatu bentuk dari kegiatan seni yang terdapat pada pembelajaran dalam bahasa Indonesia.   Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Seni, Bahasa Indonesia, Gambar Cerita en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Pembelajaran Berbasis Seni en_US
dc.subject Bahasa Indonesia en_US
dc.subject Gambar Cerita en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Seni Dalam Pembuatan Gambar Cerita Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 03 Duwet Kecamatan Tumpang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account