dc.description.abstract | Lembaga pendidikan dianggap sebagai institusi yang paling efektif dalam penanaman tentang nilai-nilai karakter peserta didik karena dianggap mampu memberi kontribusi yang besar dalam membatasi perubahan situasi dari krisis moral yang dapat mengakibatkan merosotnya karakter baik anak bangsa. Namun, karena adanya berbagai permasalahan demoralisasi peserta didik era dewasa ini menandakan bahwa apa yang diperoleh dalam lembaga pendidikan tentang pengetahuan pembentuk karakter kepribadian peserta didik seperti akhlak, moral dan budi pekerti belum mampu memberikan dampak positif terhadap perubahan perilaku manusia secara utuh dan menyeluruh. Dengan kata lain, peran lembaga pendidikan yang kurang optimal dianggap sebagai salah satu faktor penyebab adanya dekadensi moral yang dapat mengakibatkan merosotnya karakter baik milik bangsa ini
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam, implementasi pendidikan Islam, dan model pembentukan karakter siswa siswi MTs Al Huda. Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan berakhlak mulia, akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena peneliti ingin melakukan penelitian secara mendalam melalui pencarian data kepada subyek atau informan sehingga peneliti dapat menggambarkan keadaan dengan jelas mengenai implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa.
Dalam mewujudkan misi pendidikan Islam untuk membentuk peserta didik yang berkarakter Islami serta mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupannya, maka adanya pembelajaran pendidikan agama adalah sebagai salah satu upaya untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam pada perseta didik, dan mewujudkan peserta didik menjadi pribadi yang berkarakter islami. Nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh kepala sekolah, guru, petugas, administrasi, peserta didik, dan masyarakat sekitar sekolah.
Di MTs Al-Huda Klakah Wajak memiliki Pendidikan karakter yang menjadi ciri khas madrasah. Pendidikan karakter tersebut diterapkan oleh seluruh warga madrasah terutama yang paling meonjol dalam hasil wawancara peneliti dengan kepala madrasah dan observasi peneliti kesekolah adalah tentang pembiasaan agama sejak dini. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter | en_US |