Pembentukan Akhlak Santri Putra di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah dalam Perspektif Kitab Akhlak Lil Banin

Show simple item record

dc.contributor.author Zummah, Nuri Atiqoh
dc.date.accessioned 2023-01-16T02:39:40Z
dc.date.available 2023-01-16T02:39:40Z
dc.date.issued 2021-07-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6271
dc.description.abstract Fenomena saat ini, bahwa nilai-nilai akhlak dan moral yang berkembang kini sangat jauh dari harapan dan mungkin sangat menghawatirkan. Sebab kemerosotan nilai-nilai ini tidak terlepas dari peran dunia pendidikan yang salah satu tugasnya adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas daan mendidik nilai-nilai moral bangsa. Kitab Akhlak Lil Banin merupakan salah satu kitab akhlak yang paling dasar untuk pembelajaran akhlak santri dari setiap tingkatan di pondok pesantren,karena didalam kitab ini menjelaskan beberapa akhlak yang pantas untuk ditiru dan dihindari oleh santri. Tujuaan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan akhlak dalam perspektif kitab Akhlak Lil Banin di lingkungan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah, untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan akhlak menurut perspektif kitab Akhlak Lil Banin dalam membentuk akhlak santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah, mendeskripsikan hasil dari penerapan pendidikan akhlak menurut perspektif kitab Akhlak Lil Banin dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus, sebagai upaya untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang telah diuraikan, karena sifatnya menggunakan pendekatan analisis deskriftif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, peringkasan dan transforasi data. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan akhlak dalam perspektif kitab Akhlak Lil Banin di lingkungan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Annuriyah dilakukan dengan adanya pengajian rutin yang membahas materi-materi didalam kitab akhlak lil banin. penerapan pendidikan akhlak menurut perspektif kitab Akhlak Lil Banin dalam membentuk akhlak santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Annuriyah terlaksana dengan baik menggunakan metode pembiasan, keteladanan, nasehat, teguran dan juga hukuman. Hasil dari penerapan pendidikan akhlak menurut perspektif kitab Akhlak Lil Banin dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Annuriyah dila pembentukan akhlak santri putra di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah teralisasi dengan baik karena terdapat perubahan-perubahan yang terjadi pada santri diantaranya peningkatan sikap, kedisiplinan, ketaatan dan minimnya pelanggaran peraturan pondok pesantren. Sebagai saran bagi ustadz untuk tetap selalu mendidik santri dan memberi suri tauladan yang baik untuk pembentukan akhlak pada santri terlebih pada santri putra. Menggunakan metode-metode baru akan lebih mempermudah santri untuk berakhlakul karimah sesuai dengan yang diinginkan pengasuh dan juga asatidz. Kata Kunci: Pembentukan, Akhlak Santri, Pesantren Tahfidzul Qur’an, Kitab Akhlak Lil Banin en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pembentukan en_US
dc.subject Akhlak Santri en_US
dc.subject Pesantren Tahfidzul Qur’an en_US
dc.subject Kitab Akhlak Lil Banin en_US
dc.title Pembentukan Akhlak Santri Putra di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah dalam Perspektif Kitab Akhlak Lil Banin en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account