Show simple item record

dc.contributor.authorZummah, Nuri Atiqoh
dc.date.accessioned2023-01-16T02:39:40Z
dc.date.available2023-01-16T02:39:40Z
dc.date.issued2021-07-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6271
dc.description.abstractFenomena saat ini, bahwa nilai-nilai akhlak dan moral yang berkembang kini sangat jauh dari harapan dan mungkin sangat menghawatirkan. Sebab kemerosotan nilai-nilai ini tidak terlepas dari peran dunia pendidikan yang salah satu tugasnya adalah mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas daan mendidik nilai-nilai moral bangsa. Kitab Akhlak Lil Banin merupakan salah satu kitab akhlak yang paling dasar untuk pembelajaran akhlak santri dari setiap tingkatan di pondok pesantren,karena didalam kitab ini menjelaskan beberapa akhlak yang pantas untuk ditiru dan dihindari oleh santri. Tujuaan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan akhlak dalam perspektif kitab Akhlak Lil Banin di lingkungan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah, untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan akhlak menurut perspektif kitab Akhlak Lil Banin dalam membentuk akhlak santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah, mendeskripsikan hasil dari penerapan pendidikan akhlak menurut perspektif kitab Akhlak Lil Banin dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus, sebagai upaya untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang telah diuraikan, karena sifatnya menggunakan pendekatan analisis deskriftif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, peringkasan dan transforasi data. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan akhlak dalam perspektif kitab Akhlak Lil Banin di lingkungan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Annuriyah dilakukan dengan adanya pengajian rutin yang membahas materi-materi didalam kitab akhlak lil banin. penerapan pendidikan akhlak menurut perspektif kitab Akhlak Lil Banin dalam membentuk akhlak santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Annuriyah terlaksana dengan baik menggunakan metode pembiasan, keteladanan, nasehat, teguran dan juga hukuman. Hasil dari penerapan pendidikan akhlak menurut perspektif kitab Akhlak Lil Banin dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Annuriyah dila pembentukan akhlak santri putra di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah teralisasi dengan baik karena terdapat perubahan-perubahan yang terjadi pada santri diantaranya peningkatan sikap, kedisiplinan, ketaatan dan minimnya pelanggaran peraturan pondok pesantren. Sebagai saran bagi ustadz untuk tetap selalu mendidik santri dan memberi suri tauladan yang baik untuk pembentukan akhlak pada santri terlebih pada santri putra. Menggunakan metode-metode baru akan lebih mempermudah santri untuk berakhlakul karimah sesuai dengan yang diinginkan pengasuh dan juga asatidz. Kata Kunci: Pembentukan, Akhlak Santri, Pesantren Tahfidzul Qur’an, Kitab Akhlak Lil Baninen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPembentukanen_US
dc.subjectAkhlak Santrien_US
dc.subjectPesantren Tahfidzul Qur’anen_US
dc.subjectKitab Akhlak Lil Baninen_US
dc.titlePembentukan Akhlak Santri Putra di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An-Nuriyah dalam Perspektif Kitab Akhlak Lil Baninen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record