dc.description.abstract | Secara umum pendidikan agama islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama islam. Ajaran tersebut terdapat dalam Al-Qur’an dan hadist, bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu ke dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena utu seorang guru Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu memahami dan menerapkan metode dan cara yang efektif dalam proses belajar dan mengajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan model pembelajaran berbasis edutainment dalam mengembangkan minat belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Porong, Untuk mengetahui metode edutainment dalam mengembangkan minat belajar siswa, Untuk mengetahui perubahan apa yang diperoleh setalah dilakukan model pembelajaran edutainment di SMPN 1 Porong.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumestasi, analisis data dalam penelitian ini mengguanakn analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan data-data yang ada untuk krnyataan yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Penerapan metode pembelajaran berbasis edutainment dapat meningkatkan kreatifitas siswa, meningkatkan nilai siswa, sehingga siswa lebih fokus dan lebih mudah menangkap materi yang telah di sampaikan oleh guru. Pengaruh minat belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) setelah dilakukan metode pembelajaran Eduatinment di SMPN 1 Porong yaitu meliputi (a) Pembelajaran yang lebih kondusif, dimana proses pembelajaran lebih enjoy dan menyenangkan serta siswa tidak merasa tertekan dan bebas bergerak. Lebih merasa nyaman dengan metode edutainment karna bebas dari tekanan dan jauh dari kebosanan atau kejenuhan (b) Siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuannya. Siswa diberikan kebebasan dalam berfikir. Jadi siswa mudah mengembangkan kerangka berfikirnya melalui metode edutainment.
Kata Kunci : Edutainment, Minat Belajar, PAI | en_US |