dc.description.abstract | Pendidikan Agama Islam belakangan banyak menghadapi berbagai kendala dalam pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam itu sendiri, yakni membentuk perilaku dan kepribadian individu sesuai dengan prinsip-prinsip dan konsep Islam dalam mewujudkan nilai-nilai moral agama yang nantinya akan dijadikan sebagai pedoman hidup. Guru Pendidikan Agama Islam sebagai panutan yang baik memiliki peran penting dalam membimbing, membina dan membentuk serta mengarahkan siswa ke arah yang lebih baik. Sikap religius yang ada pada siswa ini lah yang akan menjadi bekal dalam perbaikan moral yang telah mengalami kemunduran di tengah kemajuan zaman.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan latar belakang adanya kegiatan keagamaan di SMPI Al-Maarif Singosari. (2) Mendeskripsikan upaya guru PAI dalam membentuk sikap religius siswa melalui kegiatan-kegiatan keagamaan di SMPI Al-Maarif Singosari. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI dalam mengembangkan kegiatan keagamaan guna membentuk sikap religius siswa di SMPI Al-Maarif Singosari.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Menganilisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data dan tringulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan mengenai upaya guru PAI dalam membentuk sikap religius siswa melalui kegiatan ubudiyah di SMPI Al-Maarif 01 Singosari, sebagai berikut : (1) Latar belakang adanya kegiatan keagamaan di SMPI Al-Maarif 01 Singosari adalah selain agar terwujudnya visi dari SMPI AL-Maarif sendiri, yaitu terwujudnya peserta didik yang bertaqwa, disiplin, semangat, memiliki daya juang, cerdas, kreatif, terampil, dan berakhlaqul karimah dalam pendidikan yang berbasis Ahlussunnah Wal Jamaah, juga dikarenakan lingkungan tempat tinggal siswa yang berbeda-beda. (2) Upaya guru PAI dalam membentuk sikap religius siswa di SMPI Al-Maarif 01 Singosari adalah dengan melakukan pendekatan disiplin, istiqomah, serta memberikan dukungan penuh kepada siswa dengan selalu ikut serta dalam kegiatan keagamaan di sekolah. (3) Faktor pendukung: Guru yang bisa memberikan contoh yang baik dalam hal berbusana, berbicara dan bersikap. Faktor penghambat: Kurangnya perhatian orang tua siswa terhadap perkembangan sikap keagamaan siswa
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Sikap Religius Siswa, Kegiatan Ubudiyah | en_US |