dc.description.abstract | Salah satu bentuk dari pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan yakni memadukan modul dengan teknologi hingga menjadi e-book (elektronik book) seperti yang telah diterapkan di SMA Brawijaya Smart School Malang selama pembelajaran daring berlangsung. Karena pembelajaran dilakukan secara daring, maka sekolah mengganti penggunaan modul cetak menjadi e-modul. Namun dengan muatan materi kelas XII yang banyak serta waktu pembelajaran daring yang singkat dirasa e-modul tersebut kurang efektif untuk digunakan. Muatan yang terlalu singkat, tampilan kurang menarik, serta penggunaannya yang tidak interaktif membuat e-modul terkesan monoton dan kurang membangkitkan motivasi belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menghasilkan e-modul PAI dan Budi Pekerti menggunakan aplikasi Canva dan Wordwall materi Faktor-faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia kelas XII SMA BSS Malang, 2) Mendeskripsikan efektifias E-Modul PAI dan Budi Pekerti menggunakan aplikasi Canva dan Wordwall materi Faktor-Faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia untuk siswa kelas XII SMA BSS Malang, dan 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap e-modul PAI dan Budi Pekerti materi Faktor-faktor Kemajuan Peradaban Islam di Dunia.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick&Carry. Prosedur pengembangan dilakukan sesuai dengan model pengembangan ADDIE, yakni Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Uji Coba), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan tes.
Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Pengembangan e-modul PAI dan Budi Pekerti menggunakan aplikasi Canva dan Wordwall sudah valid dan layak berdasarkan validasi yang telah dilakukan kepada ahli materi, ahli desain dan bahasa, dan ahli praktisi. 2) Produk e-modul PAI dan Budi Pekerti yang diuji cobakan kepada siswa menghasilkan peningkatan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan produk e-modul dan setelah menggunakan e-modul sehingga produk yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori efektif. 3) Dari hasil analisis data respon siswa didapatkan jumlah persentase kelayakan 86.17% sehingga produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak digunakan untuk skala yang lebih besar.
Kata Kunci: E-modul, Canva, Wordwall, Efektifitas | en_US |