Show simple item record

dc.contributor.authorRahmah, Silviatur
dc.date.accessioned2023-01-16T03:33:40Z
dc.date.available2023-01-16T03:33:40Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6283
dc.description.abstractPengembangan bahan ajar berbasis pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dilatar belakangi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dilaksanakan di MTs Yayasan Mu’alimin Mu’alimat (YASMU) Manyar Gresik. Kenyataan yang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan bahan ajar yang digunakan dimana bahan ajar kurang jelas, terlalu panjang, dan kurang menarik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu adanya pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar, mendeskripsikan tingkat efektivitas dan mendeskripsikan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas IX. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa (1) desain pengembangan bahan ajar mendapatkan persentase kevalidan dari ahli materi sebesar 91%, ahli desain 82%, dan ahli pembelajaran 92%, (2) respon siswa pada bahan ajar mencapai 92%, dan (3) hasil pre-test dan post-test rata-rata hasil pre-test dapat diketahui bahwa 57,8 dan rata-rata hasil post-test dapat diketahui bahwa 78,28 yang menunjukkan bahwa hasil post-test mengalami peningkatan sebesar 20,48. Dan hasil analisis uji-t yang menunjukkan bahwa thitung= 4,58 > ttabel = 2,0796 sehingga terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kemampuan komunikasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis pembelajaran abad 21 pada mata pelajaran SKI, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kemampuan komunikasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis pembelajaran abad 21 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Kata Kunci : Bahan Ajar, Pembelajaran Abad 21, Kemampuan Komunikasi, Efektivitasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectBahan Ajaren_US
dc.subjectPembelajaran Abad 21en_US
dc.subjectKemampuan Komunikasien_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa di MTs Yayasan Mu’alimin Mu’alimat (YASMU) Manyar Gresiken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record