Show simple item record

dc.contributor.authorSafitri, Safillah
dc.date.accessioned2023-01-16T03:34:09Z
dc.date.available2023-01-16T03:34:09Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6285
dc.description.abstractDalam dunia Pendidikan akan selalu ada komunikasi antara guru dengan peserta didik. Baik secara interpersonal maupun tidak. Di awali dengan bersikap sopan, santun, ramah dan menghormati bapak ibu guru. Di SMA BSS Malang tentunya banyak sekali berbagai macam latar belakang peserta didik, baik dalam internal maupun eksternal. Hal inilah yang membuat guru khususnya guru PAI untuk lebih berinovasi dalam memberikan kenyamanan belajar dalam kelas. Misalnya guru lebih memahami karakteristik setiap peserta didik dalam kelasnya. Sehingga hubungan antara guru dan peserta didik bisa lebih dekat seperti anak dengan orang tua nya sendiri ataupun seperti teman di dalam sekolah. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana komunikasi interpersonal guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA BSS Malang? (2) Hasil dari pelaksanaan komunikasi interpersonal guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA BSS Malang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA BSS Malang. (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil pelaksanaan komunikasi interpersonal guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA BSS Malang. Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan dokumentasi, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang komunikasi interpersonal guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA BSS Malang, sebagai berikut: (1) Komunikasi Interpersonal Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Brawijaya Smart School Malang. Pihak yang dapat dikatakan melakukan komunikasi interpersonal harus tidak berada dalam jarak jauh melainkan saling berdekatan atau face to face. a) Komunikasi interpersonal yang di gunakan guru merupakan verbal dan nonverbal. b) Ciri-ciri komunikasi interpersonal (2) Hasil pelaksanaan komunikasi interpersonal guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA BSS Malang. keberhasilan komunikasi menjadi tanggung jawab para peserta komunikasi. Mutual understanding akan diperoleh dalam komunikasi interpersonal ini, apabila diantara kedua belah pihak dapat menjalankan dan menerapkan komunikasi ini dengan melihat syarat-syarat yang berlaku seperti, mengetahui waktu, tempat dan lawan bicara. a) Guru PAI memiliki komunikasi interpersonal yang baik dengan peserta didik. b) Pembentukan karakter peserta didik yang baik. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana Langkah kedepan dari SMA BSS Malang untuk dapat mengembangkan lagi dalam berkomunikasi interpersonal guru PAI, membuat inovasi-inovasi yang terus berkembang seiring berjalannya waktu dan berbagai rintangan tak terduga seperti seperti masa pandemic covid-19 yang lalu. Dan untuk kedepannya guru PAI meningkatkan komunikasi interpersonal dalam pembentukan karakter agar peserta didik di sekolah tetap memiliki kepribadian karakter yang baik Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Pembentukan karakter, Pendidikan Agama Islam  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonalen_US
dc.subjectPembentukan karakteren_US
dc.titleKomunikasi Interpersonal guru PAI dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA BSS Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record