Show simple item record

dc.contributor.authorNawawi, Ja’far
dc.date.accessioned2023-01-17T02:09:24Z
dc.date.available2023-01-17T02:09:24Z
dc.date.issued2022-07-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6293
dc.description.abstractPenelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pendidikan saat ini bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam telah dilakukan oleh guru dengan beberapa metode yang klasik sebelumnya. Akan tetapi dengan perubahan kurikulum yang semakin maju, kini dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode diskusi. Dengan dukungan kurikulum yang dipakai sekolah adalah kurikulum 2013, maka para guru dimudahkan untuk membuka ruang kreatif bagi dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berdasarkan konteks penelitian yang sudah dijelaskan secara global maka peneliti merumuskan dua fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Islam Almaarif Singosari. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Islam Almaarif Singosari. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendreskripsikan implementasi metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Islam Almaarif Singosari. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran diskusi pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Islam Almaarif Singosari. Pendekatan penelitian yang dipakai peneliti adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kondenssi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA Islam Almaarif Singosari Pengimplementasian metode diskusi di kelas X SMAI Almaarif Singosari ini menggunakan metode diskusi kelas dan metode Buzz Group atau biasa disebut diskusi kelompok kecil. Metode diskusi kelas atau juga disebut diskusi kelompok adalah proses pemecahan masalah yang diakukan oleh seluruh anggota kelas sebagai peserta diskusi. Dalam pengimplementasian metode diskusi mata pelajaran PAI kelas X di SMAI Islam Almaarif terdapat faktor pendukung antara lain, (1) Sarana prasarana yang mewadai (2) Interaksi antar kelompok yang saling bekerja sama (3) Guru yang professional. Sedangkan faktor penghambat dari metode diskusi dalam pembelajaran PAI kelas X di SMAI Almaarif Singosari antara lain (1) Wabah Covid-19 (2) Siswa yang tidak kooperatif dalam diskusi (3) Karakter siswa yang memiliki kekurangan baik fisik maupun psikologis (4) Sarana dan prasarana yang kurang teraplikasi. Kata Kunci : Implementasi, Metode Pembelajaran, Diskusi Kelompoken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.subjectDiskusi Kelompoken_US
dc.titleImplementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA Islam Almaarif Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record