Show simple item record

dc.contributor.authorPurboretno, Alya Anggraeni
dc.date.accessioned2023-01-17T02:09:46Z
dc.date.available2023-01-17T02:09:46Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6295
dc.description.abstractPembentukan karakter sudah diterapkan dalam sistem pendidikan sekarang, akan tetapi masih banyak permasalahan yang menyebabkan lemahnya karakter posistif di dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah karakter disiplin, dimana masih banyak dari kita yang kurang sadar akan pentingnya karakter disiplin dalam kehidupan. Dalam lingkup pendidikan guru Pendidikan Agama Islam menjadi fasilitator dalam pembentukan karakter disiplin. Dari implementasi mata pelajaran PAI yang dituangkan menjadi kegiatan keagamaan di sekolah dapat dijadikan sebagai strategi dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Kegiatan keagamaan yang diterapkan di SMPN 3 Jatinom Klaten seperti, tadarus Al-Qur’an, sholat jamaah dzuhur, sholat jum’at, ekstrakulikuler TPA, dan pengajian ahad pagi. Dari latar belakang di atas peneliti dapat mengambil fokus penelitian antara lain: 1) Bagaimana metode pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom Klaten. 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom Klaten. 3) Apa saja hasil pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom Klaten. Tujuan daripada penelitian adalah 1) Untuk mendeskripsikan metode pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom Klaten. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom Klaten. 3) Untuk mendeskripsikan hasil pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom Klaten. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya menggunakan sumber data primer. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa, 1) Metode yang diterapkan dalam pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinom Klaten yaitu metode pembiasaan dan metode keteladanan. 2) Peran guru PAI dalam pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI yaitu, guru PAI berperan mendidik siswa, membentuk akhlak yang baik pada siswa terutama dalam kedisiplinan, memberi pengarahan yang baik, memberi keteladanan di lingkungan sekolah. 3) Hasil dalam pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan siswa pada mata pelajaran PAI yaitu siswa datang ke sekolah tepat pada waktunya, karena terdapat tadarus Al-Qur’an yang dilakukan tepat setelah bel masuk kelas sebelum pelajaran jam pertama, siswa melakukan sholat wajib 5 waktu, menurut informasi dari orang tua siswa sebagian besar siswa meneruskan pembiasaan yang di lakukan di sekolah, siswa mengerjakan tugas tepat pada waktunya, karena terbiasa dengan kegiatan keagamaan di sekolah yang tertib. Kata Kunci : Pembentukan Karakter Disiplin, Kegiatan Keagamaan, Mata Pelajaran PAIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPembentukan Karakter Disiplinen_US
dc.subjectKegiatan Keagamaanen_US
dc.subjectMata Pelajaran PAIen_US
dc.titlePembentukan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 3 Jatinomen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record