Show simple item record

dc.contributor.authorHidayatullah, Umar Hasan
dc.date.accessioned2023-01-17T02:12:28Z
dc.date.available2023-01-17T02:12:28Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6300
dc.description.abstractKualitas sekolah yang bersifat maju dan bermutu dapat dilihat dari tenaga pendidik sekolah, seperti: kepala sekolah, guru, staf-staf dan siswa yang lain. Menciptakan sekolah yang bagus diperlukan sesosok kepala sekolah yang akan memimpin dan mengatur jalannya sekolah menuju lebih baik sehinga menuju untuk tercapainya tujuan sekolah. Sesosok kepala sekolah memiliki tanggung jawab atas para tenaga pendidik di sekolah secara continue. Dengan praktek yang dilaksanakan oleh sekolah atau di luar sekolah untuk menambah wawasan guru dan membantu guru untuk memberikan wawasan yang lebih luas terkait syarat-syarat terciptanya tujuan pendidikan yang bermutu, dapat dilakukan dengan pelatihan atau dengan evaluasi. Kepala sekolah berperan aktif dalam mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah. Kepala sekolah dituntun untuk menjadi sempurna, menjadi pemimpin yang baik, dan memiliki kemampuan manajemen untuk mengatur jalannya meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini melatar belakangi sebuah fenomrna dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Menciptakan mutu pendidikan agama Islam yang tinggi semua berkat kepala sekolah yang berperan sebagai supervisor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran seorang kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama. Tujuan lainnya juga untuk mengetahui tindakan dan usaha apa saja yang dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif yang didukung oleh design deskriptif,yang datanya berupa sebuah data yang tertulis dan dipaparkan dengan cara mendeskripsikan. Di sisi lain, untuk meneliti keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini, peran kepala sekolah sebagai supervisor berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan agama Islam menjelaskan bahwa sudah berjalan dengan baik, didukung oleh kepala sekolah melakukan supervisi untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam dan membimbing guru, terutama guru pendidikan agama Islam dalam proses pengajarannya. Selalu upgrade dan memperbaiki kemampuan guru dan menemani guru dalam kesulitan mengembangkanprogram pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Kata Kunci: Peran, Kepala Sekolah, Supervisor, Mutu Pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectKepala Sekolahen_US
dc.subjectSupervisoren_US
dc.subjectMutu Pendidikanen_US
dc.titlePeran Kepala Sekolah dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Raudlatul Muta’allimin Probolinggoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record