dc.description.abstract | Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh ketidak seimbangan interaksi siswa dan guru pada kegiatan pembelajaran sehinga guru di SMP Plus Fityaani memutuskan untuk menerapkan model pembelajaran group investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan, proses belaksanaan, serta hasil dari model pembelajaran group investigation dalam pelajaran PAI di SMP Plus Fityaani Karangploso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Sumber data diambil dari data primer dan data skunder. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan sejawat.
Berdsarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada proses perencanaan model group investigation hal yang dilakukan oleh guru adalah membuat RPP, membuat media pembelajaran dan menyiapkan materi topik pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, rentetan kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan pembuka, lkegiatan inti dan kegiatan penutup. Sedangkan hasil yang didapatkan setelah diterapkannya model group investigation adalah Siswa lebih aktif dalam pembelajaran, meningkatnya pemahaman siswa, meningkatkan kepercayaan diri siswa dan tumbuhnya jiwa sosial kerjasama antar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Group Investigation, Pendidikan Agama Islam
| en_US |