View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Evaluasi Perkerasan Lentur dengan Menggunakan Metode Bina Marga 2013 dan Aplikasi Kenpave (Studi kasus Ruas Jalan Raya Ketapang - Sampang, Kabupaten Sampang)

Thumbnail
View/Open
Publish (2.345Mb)
Fulltext (12.31Mb)
Date
2022-12-28
Author
Wahidy, Achmad Choirul
Metadata
Show full item record
Abstract
Seiring pesatnya jumlah kendaraan setiap tahun yang melintas di Ruas Jalan Sampang – ketapang sangat mempengatuhi kondisi lapisan pada jalan tersebut dan menyebabkan kerusakan yang terjadi sebelum umur rencana yang berakibat penurunan tingkat pelayanan. Agar pelayananan terhadap pengguna jalan bisa memberikan kenyamanan perlu adanya evaluasi pada jalan tersebut. Perencanaan tebal perkerasan jalan harus di rencanakan sebaik mungkin agar jalan tidak sering mengalami kerusakan yang menyebabkan pengguna jalan terganggu. Metode yang dipakai dalam menyelesaikan studi ini adalah menggunakan metode lendutan pedoman Pd-T-05-2005-B untuk menentukan lapisan permukaan jalan untuk menentukan pondasi atas dan pondasi bawah menggunakan metode Bina Marga 2013 dengan umur rencana jalan sebesar 20 tahun dan dibutuhkan data seperti data lendutan , data LHR, data CBR dan peta topografi serta digunakan Aplikasi Kenpave guna mengontrol kekuatan jalan pada tiap segmennya. hasil perhitungan akumulasi beban selama umur rencana 20 tahun sebesar 38.157.248,61 ESAL, dan teal lapis pada setiap segmennya bervariasi yaitu : I = 12 cm; II = 12 cm; III = 12 cm; IV = 17 cm; V= 16 cm; VI = 15 cm; VII = 15 cm; VIII = 17 cm; IX = 17 cm; X = 16 cm. cm dengan control pada Aplikasi Kenpave di segmen 1,2,3,6,7 tidak dapat menahan beban lalu lintas dan di segmen 4,5,8,9,10 dapat menahan beban lalu lintas,lalu solusi untuk tebal perkerasan yang tidak dapat menahan beban lalu lintas diasumsikan dan dikotnrol dengan Aplikasi Kenpave dan hasil finalnya pada segmen 1,2,3,6,7 yaitu masing masing I=50 cm; II=50 cm; III=50 cm; VI=50 cm; VII=50 cm. Kata Kunci : Aplikasi Kenpave, Metode Bina Marga, Studi Evaluasi, Perkerasan Lentur
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6487
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group