Show simple item record

dc.contributor.authorTyas, Devi Trining
dc.date.accessioned2023-03-03T03:23:10Z
dc.date.available2023-03-03T03:23:10Z
dc.date.issued2022-10-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6596
dc.description.abstractSalah satu masalah tersulit yang dihadapi perusahaan saat menawarkan saham untuk pertama kalinya adalah menentukan besarnya harga penawaran perdana. Faktor kesengajaan untuk menarik investor di pasar perdana dapat menyebabkan fenomena underpricing. Underpricing merupakan salah satu fenomena dan gejala umum yang terjadi pada saat proses Initial Public Offering (IPO) dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi keuangan dan non keuangan terhadap underpricing saat melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah return on equity (ROE), price earning ratio (PER), current ratio (CR), persentase penawaran saham, reputasi underwriter, umur perusahaan, dan reputasi auditor. Jenis penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 148 sampel perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price earning ratio (PER) dan persentase penawaran saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricing dan reputasi auditor berpengaruh negatif dan signifikan terhadap underpricing. Sedangkan variabel return on equity (ROE), current ratio (CR), reputasi underwriter, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing pada perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2017-2021. Kata kunci: Underpricing, Initial Public Offering, Return on Equity (ROE), Price Earning Ratio (PER), Current Ratio (CR), Persentase Penawaran Saham, Reputasi Underwriter, Umur Perusahaan, Reputasi Auditor.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectUnderpricingen_US
dc.subjectInitial Public Offeringen_US
dc.subjectReturn on Equity (ROE)en_US
dc.subjectPrice Earning Ratio (PER)en_US
dc.subjectCurrent Ratio (CR)en_US
dc.subjectPersentase Penawaran Sahamen_US
dc.subjectReputasi Underwriteren_US
dc.subjectUmur Perusahaanen_US
dc.subjectReputasi Auditoren_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan yang Mempengaruhi Underpricing Saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2017-2021en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record