Show simple item record

dc.contributor.authorFitri, Nur
dc.date.accessioned2023-03-03T03:26:59Z
dc.date.available2023-03-03T03:26:59Z
dc.date.issued2022-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6602
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya hasil motivasi belajar siswa pada pelajaran fiqih di Mts Al-Munawwarah Sape Bima. Peningkatan motivasi belajar tersebut disebabkan oleh peran guru yang kreatif dalam penggunaan media. Media yang digunakan dalam pembelajaran fiqih adalah media PPT, dengan adanya peningkatan motivasi belajar tersebut peneliti tertarik untuk meneliti apa saja yang dilakukan guru dalam penggunaan media pembelajaran PPT. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana tahapan perencanaan yang dilakukan oleh guru, proses pelaksanaan penggunaan media PPT, serta hasil motivasi belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran PPT pada mata melajaran Fiqih Kelas VII di Mts Al-Munawwarah Sape Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Sumber data diambil dari data primer dan data skunder. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada proses perencanaan penggunaan media pembelajaran PPT hal yang dilakukan oleh guru adalah membuat RPP, menyiapkan materi topik atau tema pelajaran dan menyiapkan media pembelajaran PPT. Pada tahap pelaksanaan, tahapan kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pembuka, inti dan kegiatan penutup, sedangkan hasil motivasi belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran PPT pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Munawwarah Sape Bima meningkat dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar dan juga meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Fiqih. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dalam pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran PPT terdapat beberapa tahapan baik itu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan dan hasil dari penerapan media pembelajaran PPT tersebut. Adapun saran dari penelitian ini yaitu dapat memberikan tambahan wawasan ilmu pengetahuan, selain itu dapat dijadikan rujukan atau referensi bagi peneliti berikutnya. Kata Kunci : Media Pembelajaran, PPT, Pelajaran Fiqih.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPPTen_US
dc.subjectPelajaran Fiqihen_US
dc.titlePenggunaan Media Pembelajaran PPT Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII (Studi Kasus di Mts Al-Munawwarah Sape Bima)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record