Preferensi Media Bacaan Sastra SMAN 1 Kraksaan; Cetak atau Digital
Abstract
Media bacaan sastra berkembang dan memberikan berbagai
tawaran menarik kepada siswa tingkat sekolah menengah untuk
diapresiasi. Siswa disuguhkan berbagai pilihan media bacaan
sastra, dalam bentuk cetak maupun digital. Tujuan penelitian ini
mengidentifikasidan mendeskripsikan preferensi siswa terhadap
bacaan sastra; cetak atau digital. Penelitian dilakukan untuk
memetakan kesukaan siswa terhadap media bacaan sastra yang
dapat digunakan sebagai referensi guru bahasa Indonesia dalam
menentukan sumber belajar.Metode penelitian ini adalah mix
methode. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan
menyiapkan kuesioner dan daftar pertanyaan wawancara. Data
penelitian berupa jawaban kuesioner dan wawancara terkait
persepsi siswa tentang bacaan sastra cetak dan bacaan sastra
digital. Subjek penelitian siswa kelas X, XI, dan XII SMAN 1
Kraksaan.Peneliti menyusun lembar instrumen dan diunggah
melalui google formuntuk diisi oleh siswa. Data yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian
berdasarkanaspek pengalaman pembelajaran bahasa
Indonesiadan minat baca menunjukkan bahwa siswamemilih
media bacaan sastra digital. Sedangkanpada aspek keunggulan
dan penguasaan konsep sastra ditemukan bahwa preferensi
media bacaan sastra siswa SMAN 1 Kraksaan adalah sastra
cetak. Temuan penelitian ini berimplikasi pada pemilihan
media bacaan sastra yang digunakan guru Bahasa Indonesia.
Guru Bahasa Indonesia menggunakan media bacaan sastra
untuk meningkatkan minat baca sastra dan memanfaatkan
media bacaan sastra cetak untuk memajankan konsep-konsep
kesastraan pada siswa sekolah menengah atas.