Pengembangan bahan ajar teks prosedur berbasis web dengan desain pembelajaran Active Deep Learner Experience (ADLX) pendekataan terpadu pada siswa kelas VII SMPIT Al Uswah Bangil
Abstract
Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia saat ini memiliki banyak sumber
belajar, tetapi sumber belajar interaktif sesuai kebutuhan guru dan peserta didik
masih jarang ditemukan. Sumber belajar yang ada biasanya disajikan secara utuh
dalam buku teks. Materi pembelajaran tersebut disajikan sesuai dengan
kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum sehingga terlihat kurang
menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan
ajar teks prosedur berbasis web dengan desain pembelajaran Active Deep Learner
Experience (ADLX) pendekataan terpadu pada siswa kelas VII SMPIT Al Uswah
Bangil. Diharapkan bahwa dengan adanya pengembangan bahan ajar, akan
membantu pembelajaran teks prosedur. Langkah-langkah penelitian
pengembangan meliputi analisis kebutuhan, mengembangkan produk, melakukan
uji coba kelompok kecil sesuai dengan latar produk tersebut dipakai, dan
melakukan revisi terhadap hasil uji coba produk. Penelitian ini menggunakan
prosedur pengembangan adaptasi dari model pengembangan Borg & Gall yang
terdiri atas 6 langkah, yakni (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2)
perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba produk, (5) revisi hasil
uji produk dan (6) produk hasil akhir. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan
data yang dipakai adalah melalui pedoman wawancara, lembar validasi, dan
angket siswa. Analisis data yang dilakukan melibatkan teknik analisis deskripsi
baik kualitatif maupun kuantitatif.. Hasil pengembangan pengembangan bahan
ajar teks prosedur berbasis web dengan desain pembelajaran Active Deep Learner
Experience (ADLX) pendekataan terpadu di kelas VII SMPIT Al Uswah Bangil
terdiri dari 7 langkah yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) perencanan, (3)
pengembangan (4) validasi produk, (5) uji coba produk, (6) revisi uji coba dan (7)
hasil produk akhir. Sedangkan untuk hasil proses pengembangan memiliki
beberapa menu utama yang dapat membantu peseta didik seperti petunjuk
penggunaan, beranda, daftar hadir, pendahuluan, materi, evaluasi, daftar rujukan,
profil guru dan menu keluar.
Berdasarkan hasil penilaian pada validasi ahli isi dan bahasa termasuk pada
kriteria sangat layak/valid yaitu sebesar 100 % dan 96 % begitu juga pada validasi
ahli perancangan pembelajaran dan media termasuk pada kriteria sangat
layak/valid yaitu sebesar 83,3% dan 81,2%, sedangkan untuk angket siswa yang
termasuk pada kriteria sangat layak/valid yaitu karakteristik peserta didik sebesar
98,26% dan tingkat pemahaman materi tentang teks prosedur sebesar 94,23%.
Sehingga disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar teks prosedur berbasis web dengan desain pembelajaran Active Deep Learner Experience (ADLX)
pendekataan terpadu di kelas VII SMPIT Al Uswah Bangil sangat layak /valid
digunakan untuk proses pembelajaran