Show simple item record

dc.contributor.authorRomadhon, Muhammad Auva
dc.date.accessioned2023-03-09T02:32:05Z
dc.date.available2023-03-09T02:32:05Z
dc.date.issued2022-08-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6736
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat sekarang ini menyebabkan semakin berkembangnya dunia pendidikan dan salah satunya adalah perkembangan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan faktor penting yang mendukung keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang berkembang pesat adalah media berbasis software atau perangkat lunak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model perencanaannya pemangfaatan media online pada pemebelajaran PAI kepada peserta didik, bagaimana model penerapan pada pembelajaran PAI dan bagaimana model evaluasi dalam penggunaan media pembelajaran berbasis online pada pelajaran PAI, penelitian dilakuan di Lembaga SMP Sunan Kalijogo Jabung sebagai lembaga yang memangfaatkan media online sebagai media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu pengamatan tentang fenomena yang terjadi di lapangan serta melakukan, wawancara tanya jawab secara lisan dilakukan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa foto screen shoot pembelajaran, proses pembelajaran media online pada peserta didik, tingkah laku peserta didik saat menerima pembelajaran dan sebagainya. Sebagai bentuk hasil dari penelitian di SMP Sunan Kalijogo Jabung terdapat beberapa poin penting sebagai hasil penelitian antara lain: model perencaan pembelejaran yang memangfaatkan media berbasis online, terdapat 2 langkah dalam Menyusun perencanaan. Langkah pertama yaitu guru PAI harus mengetahui beberapa hal sebelum Menyusun perencanaan yaitu kondisi siswa, sarana prasana sekolah, keadaan kelas, dan lingkungan sekolah, Langkah kedua setelah mengetahui beberapa hal tersebut guru Menyusun perencanaan meliputi tujuan pembelajaran, materi ajar, metode mengajar, media pembelajaran, da Teknik evaluasinya. Setelah Menyusun perencanaan guru menerapkan pada pembelajaran dalam kelas guru mulai menyampaikan pembelajaran menggunakan LCD berupa vidio pembelajaran yang ada di youtube, selanjutnya pesertadidik diajak untuk manganalisa vidio tersebut dan dijadikan resume, dan guru juga mempertajam materi dengan menerangkan secara lansung, dalam pemangfaatan media berbasis online, guru mengajak pesertadidik untuk membuat sebuah produk vidio pembelajaran yang mana nantinya vidio pemebalajaran tersebut akan di upload pada laman youtube. Setelah melaksanakan pembelajaran guru menerapkan model evaluasi PjBL (project basic learning) yaitu dari hasil pembelajaran peserta didik diajak untuk membuat sebuah konten vidio pembelejaran dengan praktik secara langsung tentang materi yang dibahas, setalah vidio berhasil dibuat guru menganalisis untuk menilai dengan acuan kesesuaian vidio dengan materi yang diajarkan, kreatifitas peserta didik dalam membuat vidio, keaktifan pesertadidik dalam membuat vidio pembelajaran dari hasil anaslisis guru memberi penilaian secara kelompok dan individuen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectPendididikan Agama Islamen_US
dc.titlePembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Memangfaatkan Media Online Kelas 9a Di SMP Sunan Kalijogo Jabung Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record