Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Memangfaatkan Media Online Kelas 9a Di SMP Sunan Kalijogo Jabung Malang
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat
sekarang ini menyebabkan semakin berkembangnya dunia pendidikan dan salah
satunya adalah perkembangan media pembelajaran. Media pembelajaran
merupakan faktor penting yang mendukung keberhasilan dalam suatu
pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang berkembang pesat adalah
media berbasis software atau perangkat lunak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana model perencanaannya pemangfaatan media online pada
pemebelajaran PAI kepada peserta didik, bagaimana model penerapan pada
pembelajaran PAI dan bagaimana model evaluasi dalam penggunaan media
pembelajaran berbasis online pada pelajaran PAI, penelitian dilakuan di Lembaga
SMP Sunan Kalijogo Jabung sebagai lembaga yang memangfaatkan media online
sebagai media pembelajaran.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan
menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data
menggunakan metode observasi dengan menggunakan pendekatan fenomenologi
yaitu pengamatan tentang fenomena yang terjadi di lapangan serta melakukan,
wawancara tanya jawab secara lisan dilakukan dengan sumber penelitian, dan
metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang
berupa foto screen shoot pembelajaran, proses pembelajaran media online pada
peserta didik, tingkah laku peserta didik saat menerima pembelajaran dan
sebagainya.
Sebagai bentuk hasil dari penelitian di SMP Sunan Kalijogo Jabung
terdapat beberapa poin penting sebagai hasil penelitian antara lain: model
perencaan pembelejaran yang memangfaatkan media berbasis online, terdapat 2
langkah dalam Menyusun perencanaan. Langkah pertama yaitu guru PAI harus
mengetahui beberapa hal sebelum Menyusun perencanaan yaitu kondisi siswa,
sarana prasana sekolah, keadaan kelas, dan lingkungan sekolah, Langkah kedua
setelah mengetahui beberapa hal tersebut guru Menyusun perencanaan meliputi
tujuan pembelajaran, materi ajar, metode mengajar, media pembelajaran, da
Teknik evaluasinya. Setelah Menyusun perencanaan guru menerapkan pada pembelajaran dalam kelas guru mulai menyampaikan pembelajaran menggunakan
LCD berupa vidio pembelajaran yang ada di youtube, selanjutnya pesertadidik
diajak untuk manganalisa vidio tersebut dan dijadikan resume, dan guru juga
mempertajam materi dengan menerangkan secara lansung, dalam pemangfaatan
media berbasis online, guru mengajak pesertadidik untuk membuat sebuah produk
vidio pembelajaran yang mana nantinya vidio pemebalajaran tersebut akan di
upload pada laman youtube. Setelah melaksanakan pembelajaran guru
menerapkan model evaluasi PjBL (project basic learning) yaitu dari hasil
pembelajaran peserta didik diajak untuk membuat sebuah konten vidio
pembelejaran dengan praktik secara langsung tentang materi yang dibahas, setalah
vidio berhasil dibuat guru menganalisis untuk menilai dengan acuan kesesuaian
vidio dengan materi yang diajarkan, kreatifitas peserta didik dalam membuat
vidio, keaktifan pesertadidik dalam membuat vidio pembelajaran dari hasil
anaslisis guru memberi penilaian secara kelompok dan individu