Show simple item record

dc.contributor.authorKhoir, Ahmad Miftahul
dc.date.accessioned2023-03-14T02:36:10Z
dc.date.available2023-03-14T02:36:10Z
dc.date.issued2022-12-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6753
dc.description.abstractPendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani ajaran agama Islam disamakan dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujudnya kesatuan dan persatuan bangsa. Pendidikan agama Islam memiliki kedudukan tinggi dalam Islam. Dalam belajar mengajar untuk memperoleh pembelajaran yang baik dan memiliki peserta didik yang berakhlak mulia dibutuhkan peran guru pendidikan agama Islam. Peranan guru Akidah Akhlak dalam proses kegiatan proses belajar mengajar menentukan hasil akhir peserta didik. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama teknologi informasi terdapat sisi positif maupun sisi negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan iptek pada anak. Era digital tersebut cukup mengikis apa yang seharusnya tercermin pada karakter anak sewajarnya. Berdasarkan apa yang sudah dipaparkan, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan menuangkannya dalam sebuah skripsi dengan judul: “Peranan Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter siswa kelas VIII di MTs Mu’allimin NU Malang”. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana Peranan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Mu’allimin NU Malang? (2) Apakah strategi atau metode yang digunakan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Mu’allimin NU Malang? (3) bagaimana hasil peranan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Mu’allimin NU Malang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peranan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Mu’allimin NU Malang. (2) Untuk mengetahui strategi atau metode yang digunakan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Mu’allimin NU Malang. (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil peranan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Mu’allimin NU Malang. Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Data collection/pengumpulan data, Display/penyajian data, dan Verifikasi/kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil keputusan tentang Peranan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter di MTs Mu’allimin NU Malang sebagai berikut : (1) Peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Mu’allimin NU Malang ialah: Guru sebagai pendidik dan pengajar, guru sebagai pemimpin, dan guru sebagai pengelola kelas (2) Strategi atau metode yang digunakan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter yaitu dengan cara Keteladanan, pembiasaan, dan kegiatan ekstrakurikuler (3) Hasil peranan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Mu’allimin NU Malang adalah Sikap disiplin dan sopan santun, etika dan akhlak yang baik, patuh peraturan, dan menertibkan siswa dikelas. Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Pembentukan Karakteren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.subjectPembentukan Karakteren_US
dc.titlePeranan Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di MTs Mu’allimin NU Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record