Show simple item record

dc.contributor.authorKhair, Muhayyijul
dc.date.accessioned2023-03-14T02:41:08Z
dc.date.available2023-03-14T02:41:08Z
dc.date.issued2022-08-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6756
dc.description.abstractGuru profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal. Atau dengan kata lain, guru profesional adalah orang terdidik dan terlatih dengan baik, serta memiliki pengalaman yang kaya dibidangnya. Pendidikan merupakan sebuah unsur yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan umat manusia. Pada hakikatnya pendidikan merupakan sebuah sarana untuk dapat melangsungkan kehidupannya dan juga mendapatkan hak dalam kehidupannya yang lebih baik serta mendapatkan masa depan yang lebih baik lagi. Penelitian ini merupakan penelitian yang terkait dengan Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam motivasi belajar siswa. Fokus penelitian yang akan peneliti bahas yaitu: 1) Bagaimana gambaran profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMP plus Al-Firdaus Karangploso. 2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pendidikan agama Islam di SMP plus Al-Firdaus Karangploso. 3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP Plus Al Firdaus Karangploso. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan gambaran profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMP plus Al Firdaus Karangploso. 2) Mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMP plus Al Firdaus Karangploso. 3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP plus Al Firdaus Karangploso. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif pengumpulan data menggunakan observasi kegiatan pembelajaran di SMP Plus Alfirdaus, wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, murid, serta dokumntasi yang mencakup data-data dari sekolah. Adapun teknik analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Alfirdaus Karangploso dalam membina siswa SMP Plus Alfirdaus Karangploso dalam pendidikan Islam hendaknya mampu menjalankan tugas, peran dan serta fugsinya secara baik dan optimal sesuai ajaran agama IslamProfesionalisme guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa guru memperjelas tujuan yang ingin dicapai, memberikan sumber belajar, memberikan nasehat, memberikan pujian, menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar, dan memberikan tes dan penilaian. Faktor penghambat Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, peserta didik masih ada yang tidak membawah buku paket dan sewaktu bergabung dengan temannya yang membawah buku paket mereka malah berbicara tidak memperhatikan guru menjelaskan, peserta didik sering keluar masuk saat guru berada diluar kelas dan fasilitas sekolah yang kurang lengkap. Faktor pendukung Peserta didik memiliki rasa penasaran dan keingintahuan yang tingi, dan rasa kesadaran yang tinggi untuk mencari ilmu, rajin dan kecerdasan peserta didik. Orang tua yang selalu mendukung anaknya, lingkungan yang baik, serta ditunjang dengan fasilitas sekolahan yang memadai. Kata Kunci: Profesionalisme, Guru, Motivasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectProfesionalismeen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.titleProfesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Motivasi Belajar Siswa di SMP Plus Alfirdaus Karangploso Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record