dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional,
kecerdaran intelektual dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi dilihat dari
perspektif gender. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel independen, yaitu
kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, perilaku belajar. Serta satu variabel
dependen yaitu pemahaman akuntansi. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer, Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Uji yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu uji f, uji R2
, uji t dan uji beda (Test One Way Anova). Hasil
dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kecerdasan emosional,
kecerdasan intelektual dan perilak belajar berpengaruh signifikan terhadap pemahaman
akuntansi dan terdapat perbedaan dari kecerdasan emosional laki-laki dan perempuan
sig 0,001< 0,05, kecerdasan intelektual antara laki-laki dan perempuan sig 0,000<0,05,
perilaku belajar antara laki-laki dan perempuan sig 0,001< 0,05 dan pemahaman
akuntansi antara laki-laki dan perempuan sig 0,000< 0,05. | en_US |