View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Analisis Kinerja Simpang Empat Menggunakan Metode MKJI 1997 dan Software PTV VISSIM 2022 (Studi Kasus: Jl. K.H Hasyim Ashari – Jl. Ade Irma Suryani – Jl. Arif Margono – Jl. Brigjen Katamso) Kota Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.485Mb)
Fulltext (6.274Mb)
Date
2023-02-18
Author
Shofi’i, Muhammad
Metadata
Show full item record
Abstract
Simpang jalan yang sudah tidak mampu menampung volume lalu lintas akibat tingginya laju pertumbuhan jumlah kendaraan, hingga menimbulkan kemacetan dan antrian kendaraan yang panjang. hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara hingga mengakibatkan turunnya tingkat pelayanan jalan pada simpang secara keseluruhan. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi atau analisis terhadap kinerja simpang guna menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan untuk meningkatkan kembali kualitas pelayanan simpang. Digunakan data Lalu lintas kendaraan serta data geometrik simpang untuk melakukan analisis kinerja simpang, menggunakan metode MKJI 1997 dan software PTV Vissim 2022 sebagai acuan analisis dan perhitungannya. Simpang empat bersinyal Jl. K.H Hasyim Ashari – Jl. Ade Irma Suryani – Jl. Arif Margono – Jl. Brigjen Katamso Kota Malang memiliki 3 fase pengaturan rambu lalu lintas dengan waktu siklus 104 detik. Hasil analisis simpang menggunakan MKJI 1997 diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0,64 pada Jl. K.H Hasyim Ashari, 0,93 pada Jl. Ade Irma Suryani, 0,87 pada Jl. Arif Margono, dan 0,98 pada Jl. Brigjen Katamso. Nilai panjang antrian untuk Jl. K.H Hasyim Ashari adalah sebesar 60,73 m, Jl. Ade Irma Suryani sebesar 112,14 m, Jl. Arif Margono sebesar 182,79 m, dan Jl. Brigjen Katamso sebesar 195,29 m. Nilai tundaan simpang rata-rata (Di) sebesar 47,25 det/smp sehingga masuk dalam kategori tingkat pelayanan / level of service (LoS) E. Hasil analisis simulasi simpang menggunakan PTV VISSIM 2022 Student Version menghasilkan panjang antrian rata-rata (QLen) sebesar 23,10 m, panjang antrian maksimal rata-rata (QLenmax) sebesar 69,49 m dan waktu tundaan sebesar 51,75 det/smp sehingga masuk dalam kategori tingkat pelayanan / level of service (LoS) E. Kata Kunci: Lalu lintas (Traffic), Kemacetan, Simpang Bersinyal, Perempatan Kasin, Kota Malang, MKJI 1997, PTV Vissim.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6904
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group