Studi Analisa Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan MT.Haryono Kota Malang
Abstract
Kota Malang merupakan kota terbesar kedua setelah kota Surabaya di Jawa Timur, selain itu kota Malang merupakan tujuan wisata dari masyarakat luar kota. Masalah kemacetan lalu lintas seringkali terjadi pada kawasan yang memiliki intensitas kegiatan , penggunaan lahan serta jumlah penduduk yang sangat tinggi . Kemacetan yang terjadi pada ruas jalan MT. Haryono terjadi pada jam-jam tertentu saja, dan pada hari-hari tertentu khususnya pada weekend atau pada hari libur namun tidak menutup kemungkinan kemacetan dapat terjadi pada weekday.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang artinya jenis penelitian yang memperoleh data dari hasil pengamatan langsung atau apa adanya sesuai dengan apa yang didapatkan dilapangan.
Hasil penelitian ini menentukan nilai kapasitas pada ruas jalan MT. Haryono yang di dapat dari hasil analisa ini adalah 1214 smp/jam. Besar angka derajat kejenuhan di ruas jalan MT. Haryono dari hasil analisa ini adalah DS > 1, yaitu
1.086. kemudian juga didapat faktor yang mempengaruhi terjadinya kemacetan pada ruas jalan MT. Haryono adalah lebar jalan yang sudah tidak sesuai dengan kapasitas ideal dan volume kendaraan yang semakin meningkat, dapat dilihat untuk karakteristik arus stabil di lingkup V/S < 0,45-0,74 sedangkan MT Haryono > 1.
Kata Kunci: Jalan, Kemacetan, Lalu-lintas, MT.Haryono, Ruas