Studi Alternatif Perencanaan Struktur Bawah Jembatan Sei Alalak Banjarmasin
Abstract
Jembatan di Kayu Tangi 1 merupakan jembatan lama yang akan dikembangkan untuk memperlancar arus lalu lintas dari Kota Banjarmasin ke Kab Barito Kuala (Batola). Berdasarkan kondisi perencanaan yang ada dilapangan, diperoleh bentang jembatan 140 meter dengan struktur jembatan dengan beton sebagai lantai kendaraannya.
Tujuan penelitian ini mengetahui beban yang digunakan dalam perencanaan, agar dapat mengetahui dimensi abutment dan pilar, serta mengetahui ukuran dan jumlah pondasi yang digunakan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang meliputi metode literatur dan metode observasi.
Hasil perencanaan besar pembebanan dari perencanaan beban primer diperoleh berat plat lantai kendaraan: 1550345,803 kg; beban hidup: 190621,85 kg; dan beban garis “P”: 11466 kg. Sedangkan untuk beban sekunder di dapat pada beban lalu lintas: 2242,61 kg. Pada perhitungan abutment didapat tinggi 7 m; dengan lebar atas 2 m dan lebar bawah 6 m, Tinggi pilar 9 m lebar atas 3 m dan lebar bawah 3 m. Pada perencanaan pondasi digunakan pondasi tiang pancang dengan diameter 100 cm, kedalaman 70 m berjumlah 12 tiang untuk pilar dan 14 untuk abutment.
Kata Kunci: Jembatan, Sei Alalak Banjarmasin.