dc.description.abstract | Pendidikan merupakan kebutuhan terpenting dalam kehidupan untuk
membangun sumber daya manusia yang bermutu dan dapat berdaya saing.
Demikian juga dengan pendidikan karakter yang mulai pudar karena kurangnya
menghayati dan mengamalkan nilai – nilai pancasila, sehingga timbul masalah
seperti bergesernya etika dalam kehidupan.
Penanaman nilai – nilai karakter bisa dilakukan dimanapun, salah satunya
di sekolah dengan melalui buku tematik siswa sebagai medianya.Buku tematik
adalah buku ajar yang dirancang khusus untuk medukung pembelajaran tematik,
dimana mata pelajaran saling berkaitan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti merumuskan masalah
yakni nilai karakter apa saja yang terkandung didalam fabel pada buku siswa kelas
2 tema 7 revisi 2017 dan sudah sesuaikah nilai karakter pada fabel di buku siswa
kelas 2 tema 7 revisi 2017 dengan karakter siswa kelas 2 SD/MI
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang nilai karakter
apa saja yang terkandung dalam fabel pada buku siswa kelas 2 tema 7 revisi 2017
dan untuk mengetahui nilai karakter tersebut sudah sesuaikah dengan karakter siswa
kelas 2 SD/MI
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
analisis konten yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata – kata hasil
pemaparan data.Uji keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi data yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil temuan penelitian, nilai karakter yang muncul pada fabel
bermacam – macam seperti nilai jujur,disiplin, mandiri, religius dan cinta damai,
tetapi ada beberapa nilai yang masih belum muncul dan ada beberapa fabel yang
masih tidak ada gambar ilustrasi pada buku ini . Nilai - nilai karakter yang ada pada
fabel juga sudah sesuai dengan karakter siswa kelas 2
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran berdasarkan uraian pembahasan
diatas adalah perlu dilengkapi nilai – nilai yang belum ada pada fabel dan
penambahan gambar ilustrasi pada fabel yang belum ada gambarnya. | en_US |