dc.description.abstract | Kosakata dalam suatu bahasa akan selalu mengalami perkembangan dan pengembangan seiring berjalannya waktu. Perkembangan dan pengembangan sejatinya merupakan dua proses yang berbeda, tetapi menghasilkan keluaran yang sama, yakni kebaruan suatu kosakata. Pengembangan adalah proses yang terjadi secara sadar, terarah, dan bersifat ilmiah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh pengembangan kosakata terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek, bagaimanakah pengaruh literasi baca siswa kelas XI terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek, dan yang ketiga bagaimanakah pengaruh pengembangan kosakata dan literasi baca terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek terhadap siswa kelas XI.
Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh deskripsi objektif tentang ada atau tidaknya pengembangan kosakata terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek, memperoleh deskripsi objektif tentang ada atau tidaknya pengaruh literasi baca siswa kelas XI terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek, dan yang ketiga memperoleh deskripsi objektif tentang ada atau tidaknya pengaruh pengembangan kosakata dan literasi baca terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek terhadap siswa kelas XI.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotetsis yang telah ditetapkan. Memilih metode kuantitatif dikarenakan metode penelitian yang digunakan bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan
Penelitian ini menggunakan jenis ex post facto adalah suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi kemudian melihat ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pemberian tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi berganda dengan tujuan mendapatkan hasil perhitungan yang akurat dan mempermudah dalam melakukan pengolahan data sehingga lebih cepat dan tepat.
Terdapat pengaruh positif dalam penggunaan test pengembangan kosakata dan literasi baca terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerita pendek peserta didik kelas XI MA Al-Maarif 01 Singosari. Hal ini berpengaruh positif untuk kegiatan belajar mengajar. Alasan berpengaruh dalam penggunaan tes dikarenakan peserta didik menguasai pengembangan kosakata dan literasi baca dalam materi Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Cerpen, Keterampilan Menganalisis, Kosakata, Literasi Baca | en_US |