Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia, Dwita Kurnia
dc.date.accessioned2023-05-27T01:34:16Z
dc.date.available2023-05-27T01:34:16Z
dc.date.issued2023-04-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7256
dc.description.abstractMenulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sulit karena pada prosesnya peserta didik diharuskan memiliki wawasan yang luas, kepandaian ketika menyusun kalimat menjadi satu paragraf, dan kemahiran dalam memilih kata yang tepat. Berdasarkan hasil analisis awal peserta didik kelas VII SMP Yapenas Gempol ditemukan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yaitu media video untuk menumbuhkan daya imajinasi dan kreativitas peserta didik dalam pembealjaran menulis cerita fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidak adanya pengaruh yang signifikan penggunaan video Si Eneng dan Kaos Kaki Ajaib dalam pembelajaran menulis cerita fantasi kelas VII SMP Yapenas Gempol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen dan jenis rancangan non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu peserta didik kelas VII A berjumlah 36 sebagai kelas kontrol dan VII B berjumlah 36 sebagai kelas eksperimen. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah pretest berupa pilihan ganda dan posttest berupa tes esai. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan uji independent sample test dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 29.0. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 53,88 dan nilai rata-rata posttest adalah 55,08. Sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 53,19 dan nilai rata-rata posttest yaitu 83,53. Berdasarkan perhitungan independent sample test dari hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen, diperoleh thitung sebesar 9,597 dengan signifikan 0,00 < 0,05 dan df=70, sehingga memperoleh ttabel 1,994444 berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan dari rara-rata hasil belajar posttest kelas kontrol dengan kelas eksperimen, sehingga media video Si Eneng dan Kaos Kaki Ajaib berpengaruh terhadap pembelajaran menulis cerita fantasi peserta didik kelas VII SMP Yapenas Gempol.   Kata Kunci : Cerita Fantasi, Video, Pembelajaran Menulisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.subjectCerita Fantasien_US
dc.subjectVideoen_US
dc.subjectPembelajaran Menulisen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Video Si Eneng dan Kaos Kaki Ajaib terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Yapenas Gempolen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record