dc.description.abstract | Kemampuan berbahasa merupakan proses belajar yang memerlukan
ketekunan berlatih begitu pula dalam belajar bahasa inggris. Semakin rajin berlatih,
kemampuan bahasa Inggris akan meningkat terlebih untuk kemampuan berbicara.
Oleh sebab itu pembiasaan dalam berbicara perlu dilakukan. Semakin sering siswa
mendengar dan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris, maka siswa akan
terbiasa. Guru berupaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris
dengan cara yang beragam, disesuaikan dengan karakteristik siswa dan materi yang
diajarkan.
Berdasarkan observasi awal, guru berperan penting dalam keberhasilan
suatu pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang aktif dan menarik sehingga
tercapai tujuan pembelajaran. Agar tercipta pembelajaran yang aktif guru peru
bervariasi dalam menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran yang
beragam. Sehingga terjadi interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan
siswa. Maka dari sinilah dengan penderapan pendekatan interaktid, guru berupaya
meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas V yang mulanya
cukup rendah.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan
pendekatan interaktif untuk meningkatakan kemampuan berbicara bahasa Inggris
siswa kelas V dengan materi daily acivity di SDN Mergosono 3 Kota Malang dan
untuk mengetahui kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas V dengan
pendekatan interaktif materi daily acivity di SDN Mergosono 3 Kota Malang
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan jenis
penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru bahasa
inggris dan siswa kelas V di SDN Mergososno 3 Kota Malang. Pengumpulan data
ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan
kuesioner. Analisis data dilakukan secara periodik selama dan setelah pengumpulan
data melalui tiga tahapan, yaitu (1) kondensasi data, (2) penyajian data, serta (3)
gambaran dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data ditentukan melalui
perpanjangan waktu, keajegan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman
sejawat.
Hasil penelitian ini adalah mengetahui penerapan pendekatan interaktif,
upaya upaya, kendala dan faktor pendukung dalam peningkatan kemampuan
berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas V di SDN Mergosono 3. Adapun upaya
guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara adalah dengan menggunakan
xii
pendekatan interaktif. Siswa dibiasakan tanya jawab dan berdikusi dalam bahasa
Inggris. Sehingga kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas V di SDN
Mergosono 3 Kota Malang meningkat. Siswa menjadi lebih aktif dalam
pembelajaran dan berani dalam bertanya ataupun menjawab dalam bahasa Inggris.
Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu sebgai saran-saran yaitu tentang
inovasi apa lagi yang akan guru dan sekolah buat untuk mengembangkan
kemampuan siswa. Dengan penerapan pembelajaran yang inovatif sehingga tercipta
pembelajaran yang aktif dan menarik.
Kata Kunci : Pendekatan Interaktif, berbicara, Bahasa Inggris | en_US |