dc.description.abstract | Pada kegiatan perkuliahan sebuah kemandirian sangat diperlukan karena
terkait dengan kemampuan mahasiswa dalam menentukan tujuan pembelajaran,
cara pencapaian, penetapan waktu belajar hingga evaluasi belajar sehingga
mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi menentukan tujuan yang lebih spesifik,
menggunakan lebih banyak strategi belajar, memonitor sendiri proses belajar, dan
lebih sistematis dalam mengevaluasi kemajuan mereka sendiri.Maka dari itulah
kemandirian belajar berkaitan dengan adanya motivasi berprestasi
mahasiswa.Motivasi berprestasi merupakan dorongan dari dalam individu untuk
mengungguli atau melampaui suatu target yang telah ditetapkan dan memperoleh
prestasi. Adanya motivasi berprestasi akan mendorong mahasiswa untuk
melakukan berbagai upaya agar dapat melampaui target yang telah ia tetapkan.
Dalam hal ini, mahasiswa akan belajar tanpa paksaan atau perintah dari orang lain
karena merasa perlu untuk belajar dalam usahanya mencapai prestasi.Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemandirian Belajar dengan Motivasi
Berprestasi Mahasiswa PGMI Universitas Islam Malang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sampelnya adalah
mahasiswa jurusan PGMI Universitas Islam Malangyang berjumlah 29
mahasiswa. Peneliti menggunakan instrument pengumpulan data utama yaitu
kuisioner dan dianalisa menggunakanKorelasi Product moment untuk
mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y1 dan variabel X dengan
variabel Y2 dan seberapa besar kontribusi yang diterangkan oleh variabel X
terhadap variabel Y1 dan variabel X terhadap variabel Y2.
Sesuai dengan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan maka
ditemukan beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut: (1) terdapat korelasi positif
dan signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi intrinsik dalam
berprestasi mahasiswa PGMI Universitas Islam Malang dimana ditunjukkan
korelasi sebesar 0,683 atau 68,3% dalam kategori kuat; (2) terdapat korelasi
positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi ekstrinsik
dalam berprestasi mahasiswa PGMI Universitas Islam Malang dimana
ditunjukkan korelasi sebesar 0,456 atau 45,6% dalam kategori sedang atau cukup.
Adapun penelitian ini disarankan bagi mahasiswa tetap mandiri dalam
belajar tanpa menggantungkan diri dengan orang lain karena semakin mandiri
maka akan mencapai tujuan yang diinginkan juga akan semakin mudah.
Kemudian juga dapat menjadi referensi bagi penelitian lebih lanjut mengenai
variabel kemandirian belajar dan motivasiberprestasi.
Kata Kunci :Kemandirian Belajar,Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGMI | en_US |