Hubungan Kemandirian Belajar dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGMI Universitas Islam Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Mafrudhoh, Zahrotul
dc.date.accessioned 2020-12-04T03:51:33Z
dc.date.available 2020-12-04T03:51:33Z
dc.date.issued 2020-07-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/740
dc.description.abstract Pada kegiatan perkuliahan sebuah kemandirian sangat diperlukan karena terkait dengan kemampuan mahasiswa dalam menentukan tujuan pembelajaran, cara pencapaian, penetapan waktu belajar hingga evaluasi belajar sehingga mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi menentukan tujuan yang lebih spesifik, menggunakan lebih banyak strategi belajar, memonitor sendiri proses belajar, dan lebih sistematis dalam mengevaluasi kemajuan mereka sendiri.Maka dari itulah kemandirian belajar berkaitan dengan adanya motivasi berprestasi mahasiswa.Motivasi berprestasi merupakan dorongan dari dalam individu untuk mengungguli atau melampaui suatu target yang telah ditetapkan dan memperoleh prestasi. Adanya motivasi berprestasi akan mendorong mahasiswa untuk melakukan berbagai upaya agar dapat melampaui target yang telah ia tetapkan. Dalam hal ini, mahasiswa akan belajar tanpa paksaan atau perintah dari orang lain karena merasa perlu untuk belajar dalam usahanya mencapai prestasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemandirian Belajar dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGMI Universitas Islam Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sampelnya adalah mahasiswa jurusan PGMI Universitas Islam Malangyang berjumlah 29 mahasiswa. Peneliti menggunakan instrument pengumpulan data utama yaitu kuisioner dan dianalisa menggunakanKorelasi Product moment untuk mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y1 dan variabel X dengan variabel Y2 dan seberapa besar kontribusi yang diterangkan oleh variabel X terhadap variabel Y1 dan variabel X terhadap variabel Y2. Sesuai dengan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan maka ditemukan beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut: (1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi intrinsik dalam berprestasi mahasiswa PGMI Universitas Islam Malang dimana ditunjukkan korelasi sebesar 0,683 atau 68,3% dalam kategori kuat; (2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan motivasi ekstrinsik dalam berprestasi mahasiswa PGMI Universitas Islam Malang dimana ditunjukkan korelasi sebesar 0,456 atau 45,6% dalam kategori sedang atau cukup. Adapun penelitian ini disarankan bagi mahasiswa tetap mandiri dalam belajar tanpa menggantungkan diri dengan orang lain karena semakin mandiri maka akan mencapai tujuan yang diinginkan juga akan semakin mudah. Kemudian juga dapat menjadi referensi bagi penelitian lebih lanjut mengenai variabel kemandirian belajar dan motivasiberprestasi. Kata Kunci :Kemandirian Belajar,Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGMI en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Motivasi Berprestasi en_US
dc.title Hubungan Kemandirian Belajar dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGMI Universitas Islam Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account