dc.description.abstract | Dalam melihat perkembangan kemajuan bangsa yang berkualitas dapat
dinilai dari sumber daya manusia (SDM) yakni setiap individu harusnya memiliki
kepribadian yang baik, tanggung jawab, kerja keras, kejujuran dan lain-lain.
Pendidikan karakter menjadi keprihatinan dikarenakan pada zaman sekarang
muncul permasalahan yang menyangkut dengan prilaku moral seseorang. Adanya
permasalahan dalam dunia pendidikan mendorong pemerintah untuk membentuk
program penguatan pendidikan karakter (PPK). Observasi awal oleh peneliti
mengenai pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota Malang
ditemukan permasalahan mengenai karakter (tanggung jawab, kejujuran dan
keteladanan) dari peserta didik. Erat kaitannya dengan PPK, yaitu nilai karakter
integritas. Peneliti merumuskan fokus penelitian yakni tentang karakter integritas
peserta didik, implementasi pendidikan karakter integritas serta faktor pendukung
dan penghambat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakter integritas
peserta didik, implementasi pendidikan karakter integritas serta faktor pendukung
dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter integritas.
Untuk mencapai tujuan penelitian maka dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam
penelitian kualitatif teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini, karakter integritas peserta didik ditemukan adanya
karakter integritas baik positif maupun negatif dari peserta didik. Dalam
implementasi pendidikan karakter integritas memuat tujuan, bentuk-bentuk,
metode dan sistem evaluasi. Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan
karakter integritas adanya kemauan, kesungguhan dari peserta didik, serta niat
guru untuk menjadikan peserta didik yang berkarakter, program kegiatan
penunjang, kerjasama semua warga madrasah, dukungan keluarga dan kurikulum.
Sedangkan faktor penghambat adalah sifat atau kepribadian peserta didik yang di
pengaruhi pada latar belakang keluarga peserta didik yang berbeda dan guru
belum maksimal dalam mendukung pelaksanaannya dan lingkungan sekitar.
Diharapkan kerjasama antara pihak yang terkait untuk menekankan
karakter integritas (tanggung jawab, kejujuran dan keteladanan), sistem evaluasi
hendaknya menggunakan instrumen penelitian dengan rubrik PPK sesuai dengan
pedoman penilaian PPK dan sebaiknya pihak sekolah memberikan arahan kepada
guru agar mengetahui secara mendalam tugas dan fungsi dalam pelaksanaan PPK.
Kata Kunci: pendidikan karakter, integritas, tanggungjawab, kejujuran,
keteladanan | en_US |