Show simple item record

dc.contributor.authorIzzah, Anifatul
dc.date.accessioned2020-12-04T04:00:44Z
dc.date.available2020-12-04T04:00:44Z
dc.date.issued2020-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/742
dc.description.abstractDalam melihat perkembangan kemajuan bangsa yang berkualitas dapat dinilai dari sumber daya manusia (SDM) yakni setiap individu harusnya memiliki kepribadian yang baik, tanggung jawab, kerja keras, kejujuran dan lain-lain. Pendidikan karakter menjadi keprihatinan dikarenakan pada zaman sekarang muncul permasalahan yang menyangkut dengan prilaku moral seseorang. Adanya permasalahan dalam dunia pendidikan mendorong pemerintah untuk membentuk program penguatan pendidikan karakter (PPK). Observasi awal oleh peneliti mengenai pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota Malang ditemukan permasalahan mengenai karakter (tanggung jawab, kejujuran dan keteladanan) dari peserta didik. Erat kaitannya dengan PPK, yaitu nilai karakter integritas. Peneliti merumuskan fokus penelitian yakni tentang karakter integritas peserta didik, implementasi pendidikan karakter integritas serta faktor pendukung dan penghambat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakter integritas peserta didik, implementasi pendidikan karakter integritas serta faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter integritas. Untuk mencapai tujuan penelitian maka dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian kualitatif teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, karakter integritas peserta didik ditemukan adanya karakter integritas baik positif maupun negatif dari peserta didik. Dalam implementasi pendidikan karakter integritas memuat tujuan, bentuk-bentuk, metode dan sistem evaluasi. Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter integritas adanya kemauan, kesungguhan dari peserta didik, serta niat guru untuk menjadikan peserta didik yang berkarakter, program kegiatan penunjang, kerjasama semua warga madrasah, dukungan keluarga dan kurikulum. Sedangkan faktor penghambat adalah sifat atau kepribadian peserta didik yang di pengaruhi pada latar belakang keluarga peserta didik yang berbeda dan guru belum maksimal dalam mendukung pelaksanaannya dan lingkungan sekitar. Diharapkan kerjasama antara pihak yang terkait untuk menekankan karakter integritas (tanggung jawab, kejujuran dan keteladanan), sistem evaluasi hendaknya menggunakan instrumen penelitian dengan rubrik PPK sesuai dengan pedoman penilaian PPK dan sebaiknya pihak sekolah memberikan arahan kepada guru agar mengetahui secara mendalam tugas dan fungsi dalam pelaksanaan PPK. Kata Kunci: pendidikan karakter, integritas, tanggungjawab, kejujuran, keteladananen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectIntegritasen_US
dc.subjectTanggung Jawaben_US
dc.subjectKejujuranen_US
dc.subjectKeteladananen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Integritas di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record