View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Metode Blended Learning dalam Pembelejaran Ahlus Sunnah wal Jama’ah Guna Meningkatkan Pemahaman Islam Nusantara Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Darun Najah Ngijo Karangploso Malang

Thumbnail
View/Open
PENERAPAN METODE BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISLAM.pdf (6.029Mb)
S2_MPAI_22102011021_IHDA NURHAYATI.pdf (2.648Mb)
Date
2023-06-08
Author
Nurhayati, Ihda
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan akan selalu mengalami banyak pergeseran bahkan perubahan di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga tidak ada batasan lagi antara manusia dan ilmu pengetahuan. Bahkan, bisa di anggap bahwa teknologi informatika lebih canggih dan lebih memuaskan daripada hanya sekedar penjelasan dari guru. Pergeseran dan perubahan pola pikir yang seperti inilah yang akhirnya mempengaruhi cara kerja pendidikan di Indonesia, termasuk Jawa Timur. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) proses penerapan metode blended learning dalam pembelajaran Ahlus sunnah wal Jama’ah guna meningkatkan pemahaman Islam Nusantara peserta didik di MA Darun Najah. 2) Efektivitas penerapan metode blended learning dalam pembelajaran Ahlus sunnah wal Jama’ah guna meningkatkan pemahaman Islam Nusantara peserta didik di MA Darun Najah. 3) Output dan outcome yang dihasilkan dari penerapan blended learning dalam pembelajaran Ahlus sunnah wal Jama’ah guna meningkatkan pemahaman Islam Nusantara peserta didik di MA Darun Najah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari metode tersebut kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan blended learning dalam pembelajaran Aswaja di MA Darun Najah guna meningkatkan pemahaman Islam Nusantara menggunakan beberapa metode, yaitu : Constructivistic Learning , Inquiry Learning dan Contextualistic Learning. Dengan metode tersebut guru pengampu mampu menyatukan dan merelasikan antara ilmu yang bersifat teoritis dengan praktis. 2) efektivitas penerapan blended learning dalam pembelajaran Aswaja guna meningkatkan pemahaman Islam Nusantara pada peserta didik di MA Darun Najah dinilai sangat tinggi karena memiliki beberapa kriteria penilaiaian efektifitas, yaitu (1) ketuntasan belajar , (2)mengubah perilaku siswa, dengan spesifikasi siswa lebih memiliki rasa ingin tahu, lebih tertantang mengerjakan tugas, dan menjadi lebih mandiri dan mawas diri terhadap ajaran penyimpangan disekitar siswa, (3) menjalankan praktek ubudiyyah sesuai dengan ajaran ahlus sunnah wal jama’ah , dan (4) menjadi penggerak organisasi Nahdlotul Ulama’. 3) output dan outcame yang dihasilkan oleh MA Darun Najah adalah agen-agen Islam Nusantara, menjadi bagian dari organisasi NU, Banom dan lembaga, Baik di desa mereka tinggal ataupun di universitas mereka masing-masing. Saran dari peneliti agar pelaksanaan blended learning dalam pembelajaran Aswaja guna meningkatkan pemahaman Islam Nusantara dapat berjalan lebih optimal adalah sebagai berikut : 1) guru pengampu Aswaja meminta siswa untuk melakukan pembelajaran di masyarakat sekitar madrasah dengan cara wawancara untuk mengetahui seberapa faham masyarakat tentang Islam Nusantara dan menganalisis serta menyimpulkam semua jawaban-jawaban masyarakat. 2) kehadiran Kepala Madrasah secara continue akan memberikan banyak ide baru yang akan di tuangkan dalam konten pembelajaran mata pelajaran Agama, khususnya Aswaja. 3) madrasah sebaiknya memberikan wadah khusus untuk para alumni guna untuk sekedar silaturrahmi atau bisa saling bertukar fikiran sehingga mereka akan memberikan ide-ide baru untuk organisasi yang mereka pimpin, baik di desa maupun di universitas.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7492
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group